Ombudsmen Minta Masyarakat Awasi PSB dan PMB

Ombudsmen Minta Masyarakat Awasi PSB dan PMB
Ombudsmen Minta Masyarakat Awasi PSB dan PMB
JAKARTA--Ombudsman RI memiliki catatan tersendiri terkait penyimpangan yang terjadi dalam Penerimaan Siswa Baru (PSB) dan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk tahun ajaran 2012-2013. Salah satu yang menjadi sorotan lembaga itu adalah adanya praktek titip-menitip anak didik dalam penerimaan siswa baru oleh oknum Dinas Pendidikan di daerah. Menurut Komisioner Ombudsman, Budi Santosa, pihaknya baru menerima dua aduan terkait titipan anak didik. Aduan itu dari wilayah Jawa Barat (Jabar) dan Kalimantan Selatan (Kalsel).

Masyarakat melaporkan aduan mereka terkait penyimpangan ini di Pos Pengaduan proses PSB dan PMB tahun ajaran 2012-2013 di Ombudsman RI, Jakarta dan tujuh wilayah perwakilannya di Jawa Timur (Jatim), Jabar, Nusa Tenggara Timur (NTT) - Nusa Tenggara Barat (NTB), Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)-Jawa Tengah (Jateng), Sumatera Utara (Sumut), Kalsel dan Sulawesi Utara (Sulut). Pelaporan ini berakhir pada 11 Juli 2012.

"Trend ini cenderung marak dan meningkat. Salah satunya dari hasil investigasi Ombudsman RI kantor perwakilan Jawa Barat misalnya, ditemukan adanya modus titip-menitip anak didik dalam penerimaan siswa baru oleh Oknum Dinas Pendidikan Kota Bandung dan Oknum anggota DPRD Kota Bandung," kata Budi usai jumpa pers di kantornya, Jakarta, Rabu (19/12).

Ia menyayangkan adanya penyimpangan kekuasaan yang  secara kasat mata telah dilakukan oleh oknum Dinas Pendidikan Kota maupun Anggota DPRD itu. Hal itu, kata Budi, mencederai proses PSB tahun ajaran 2012-2013 ini. Budi mengatakan, Ombudsman RI kantor Perwakilan Jawa Barat akan menindaklanjuti temuan tersebut sesuai dengan kewenangan yang diberikan oleh Undang-undang No.37 Tahun 2008 tentang Ombudsman Republik Indonesia.

JAKARTA--Ombudsman RI memiliki catatan tersendiri terkait penyimpangan yang terjadi dalam Penerimaan Siswa Baru (PSB) dan Penerimaan Mahasiswa Baru

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News