Open Badge Korea Masuk Indonesia, Targetkan 3 Ribu Sertifikat Digital 

Open Badge Korea Masuk Indonesia, Targetkan 3 Ribu Sertifikat Digital 
MoU Signing Ceremony yang nantinya untuk memulai ekspansi Open Badge ke Indonesia. Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA -  Open badge Korea masuk Indonesia. Sertifikat digital ini akan tersedia melalui perusahaan edutech PT. IAM EDU NETWORKS (CEO Chung Bong Hyup, selanjutnya disebut sebagai IEN). 

Kedua perusahaan ini telah menandatangani nota kesepahaman (MOU) di kantor cabang Makara Ul Academy, anak perusahaan IEN di Universitas Indonesia pada akhir Juli lalu untuk memulai ekspansi Open Badge ke Indonesia.

Open Badge adalah sertifikat digital yang tidak dapat dimanipulasi, dibuat dengan teknologi berbasis rantai blok (blockchain) untuk mencatat pencapaian pendidikan, kualifikasi, keterampilan, atau pengalaman belajar individu. 

Saat ini, sertifikat ini telah diterapkan dan digunakan di 150 universitas di Korea, termasuk Universitas Yonsei, Universitas Sungkyunkwan, Universitas Ewha, dan Universitas Hanyang.

Juga digunakan dalam bidang pelatihan oleh perusahaan-perusahaan seperti KT, hunet, dan Udemy Korea Open Badge dikirimkan kepada penerima sertifikat melalui surel pribadi dan disimpan di 'dompet sertifikat digital di ponsel mereka. 

Ketika diperlukan, sertifikat ini dapat diserahkan kepada perusahaan atau sekolah dan dapat diverifikasi kapan saja oleh LecoS menggunakan teknologi rantai blok (blockchain) dari kantor pusat mereka.

Keuntungan dari Open Badge adalah kemampuannya untuk memberikan informasi yang objektif mengenai kualifikasi, perincian pelatihan, institusi penerbit sertifikat, tanggal penerbitan, dan masa berlaku sertifikat.

No Won Seok, CEO LecoS yang memiliki teknologi Open Badge, mengatakan pada 21 Agustus lalu, Open Badge mendapatkan sertifikasi standar internasional 3.0 dalam bidang pendidikan (EDTECH).

MoU Signing Ceremony yang nantinya untuk memulai ekspansi Open Badge ke Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News