Operasi Berhasil, Bayi Kembar Siam Kian Sehat

Operasi Berhasil, Bayi Kembar Siam Kian Sehat
Suasana proses operasi Rahma-Rahmi di RS Awal Bross, kemarin. Foto: Batam Pos/jpg

jpnn.com - BATAM - Rahma selesai menjalani operasi kedua - pemasangan sabuk pada pembuluh darah jantung - pada pukul 15.07 WIB. Operasi dilakukan oleh Dokter Spesialis Bedah Jantung dr Soetomo Surabaya dr Heroe Soebroto, SpB-TKV(K) dan Dokter Spesialis Bedah Anak RSAB Batam dr Victor Nababan. 

Tidak berapa lama setelah itu, ia dipindahkan ke ruang PICU. Rahma sempat hampir sadar. Ini ditandai dengan gerakan mata yang berkedip-kedip. Namun, ia kembali ditidurkan.

"Ini supaya jantungnya bisa beradaptasi dengan pembuluh darah dan aliran darah yang baru," kata Ketua Tim Kembar Siam Surabaya, dr Agus Harianto, SpA(K) seperti diberitakan batampos (Jawa Pos Group) hari ini, (14/8).

Sementara itu, pada pukul 15.00 WIB, Rahmi - bayi lainnya, mulai sadarkan diri. Tangan dan kakinya mulai bergerak-gerak. Pada pukul 16.30 WIB, dokter melepas alat bantu pernafasannya. Rahmi pun mulai bernafas normal sejak saat itu. 

"Sebelum sampai ke PICU, Rahmi juga sudah mulai membuka mata," katanya.

Seusai dipisahkan, Rahmi memiliki bobot 4,75 kilogram. Dan Rahma seberat 3,75 kilogram.

Kedua putri pertama pasangan Junaidi Bakri Ratulolly dan Warmin Bahruddin itu sepertinya tahu hendak dipisahkan. Keduanya saling berpegang tangan. Kondisi itu berlangsung sejak Sabtu (13/8) lalu hingga tiba di ruang operasi, Minggu (14/8) pagi. 

Ketika dibawa ke dalam ruang operasi, bayi yang lahir 29 Maret lalu itu mulai rewel. 

BATAM - Rahma selesai menjalani operasi kedua - pemasangan sabuk pada pembuluh darah jantung - pada pukul 15.07 WIB. Operasi dilakukan oleh Dokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News