Operasi OPM Gembos Dan Kecil

Operasi OPM Gembos Dan Kecil
Operasi OPM Gembos Dan Kecil
JAKARTA - Pemerintah bersyukur keamanan Papua di saat peringatan ulang tahun Organisasi Papua Merdeka 1 Desember lalu berjalan kondusif. Walau beberapa hari sebelumnya sempat ada penyerangan pada tim Polda Papua dan pembunuhan tiga polisi, namun pada hari H tidak ada insiden.

   

"Ini membuktikan antisipasi yang dilakukan tim Polri dan TNI di Papua berhasil dan solid," ujar staf ahli keamanan Menteri Pertahanan Mayjen Hartind Asrin di Jakarta, Minggu (2/12). Pada Sabtu (1/12) lalu, ribuan tentara dan polisi disiagakan di berbagai kota di Papua.

   

Menurut Hartind, pemerintah melihat OPM sebagai sebuah ancaman. "Tidak bisa kita pungkiri, kelompok ini ada, tapi kecil, sangat kecil," ujar jenderal bintang dua itu.

   

Strategi tim TNI dan Polri di Papua dengan melakukan patroli gabungan dianggap pas menghadapi kelompok OPM. Apalagi, menurut dia, kelompok ini tidak mendapat simpati di hati masyarakat Papua. "Media juga jangan membesar-besarkan kekuatan mereka. OPM ini kecil kok," kata mantan atase pertahanan KBRI Kuala Lumpur ini.

   

JAKARTA - Pemerintah bersyukur keamanan Papua di saat peringatan ulang tahun Organisasi Papua Merdeka 1 Desember lalu berjalan kondusif. Walau beberapa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News