Oposisi Tak Akan Usung Habib Rizieq Jadi Capres

Oposisi Tak Akan Usung Habib Rizieq Jadi Capres
Habib Rizieq Shihab (tengah) bersama Prabowo Subianto (kanan) dan Amien Rais (kiri) di Mekah, Arab Saudi, Sabtu (2/6). Foto: istimewa for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ujang Komarudin memprediksi kubu oposisi tidak akan mencalonkan Habib Rizieq Shihab sebagai calon presiden, maupun calon wakil presiden di Pilpres 2019.

Pasalnya, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu masih tersangkut kasus hukum yang hingga saat ini statusnya belum jelas.

"Saya kira Habib Rizieq berat untuk menjadi capres karena kasus hukumnya masih digantung penegak hukum. Jadi pihak oposisi sepertinya tidak akan memilih Habib Rizieq," ujar Ujang kepada JPNN, Kamis (7/6).

Meski peluang Habib Rizieq cukup berat, pengajar di Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) ini meyakini pengikutnya tetap akan mendukung hasil Rakornas Persaudaraan Alumni (PA) 212, Selasa (29/5) lalu.

Rakornas diketahui merekomendasikan lima nama capres. Nama yang paling banyak diusulkan, Habib Rizieq Shihab. Kemudian, Prabowo, Tuan Guru Bajang, Yusril Ihza Mahendra, dan Zulkifli Hasan.

"Bagi pengikut Habib Rizieq pasti akan mendukung hasil rakornas tersebut. Tapi bagi umat Islam yang lain belum tentu," pungkas Direktur Eksekutif Indonesia Political Review ini.(gir/jpnn)


Pengamat politik Ujang Komarudin memprediksi kubu oposisi tidak akan mencalonkan Habib Rizieq Shihab sebagai calon presiden, maupun calon wakil presiden


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News