Optimis Dampak pada Indonesia Kecil

Optimis Dampak pada Indonesia Kecil
Bandara Sendai, Jepang. Foto: Reuters/Kyodo
JAKARTA -- Dengan kemungkinan terpuruknya perekonomian Jepang akibat gempa dahsyat dan tsunami kemarin, tidak mustahil Indonesia akan terkena imbasnya. Pasalnya, selama ini Jepang merupakan salah satu mitra dagang dan ekonomi terpenting dari Indonesia.

Kendati begitu, Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan bahwa saat ini masih terlalu dini untuk mengalkulasi dampak gempa dan tsunami di Jepang pada perekonomian nasional. Tetapi, Hatta menyatakan bahwa pemerintah Indonesia berharap dampak kerusakan gempa dan tsunami Jepang tidak terlalu besar terhadap perekonomian negara tersebut.

"Kita mengharapkan dampaknya tidak terlalu besar. Kita juga prihatin terhadap gempa skala besar di Jepang. Tapi, terlalu dini untuk membicarakan dampaknya terhadap perekonomian kita," kata Hatta saat ditemui di Istana Presiden, Jakarta, kemarin.

Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM) juga memperkirakan musibah di Jepang tidak sampai berpengaruh pada perekonomian Indonesia. Terutama ancaman melambatnya kinerja ekspor Indonesia. Meski begitu, BKPM menyatakan, jika berdampak pada Indonesia, hal itu akan bersifat sementara dan tidak terlalu besar.

JAKARTA -- Dengan kemungkinan terpuruknya perekonomian Jepang akibat gempa dahsyat dan tsunami kemarin, tidak mustahil Indonesia akan terkena imbasnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News