Optimistis LRT Sumsel Bisa Beroperasi Saat ASIAN Games 2018

Optimistis LRT Sumsel Bisa Beroperasi Saat ASIAN Games 2018
Ilustrasi pembangunan LRT. Foto: Indopos/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian tengah giat menyelesaikan pembangunan LRT Sumsel.

Per November 2017, pembangunan LRT Sumsel sudah mencapai 72 persen. Selain Jembatan LRT yang sudah terbangun, LRT Sumsel yang pembangunannya dibagi menjadi lima zona ini juga sudah mulai terpasang rel KA.

"Pekerjaan pembangunan LRT Sumsel ini telah dimulai sejak 2015 lalu, dibiayai dengan APBN meliputi pekerjaan konstruksi dan pekerjaan supervisi. Kementerian Perhubungan sangat concern untuk menyelesaikan pembangunan LRT Sumsel ini," ujar Direktur Jenderal Perkeretaapian, Zulfikri.

Secara berkala, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan inspeksi untuk memantau kemajuan pembangunan LRT Sumsel.

Dengan terbangunnya prasarana LRT Sumsel tersebut, yang ditargetkan Juni tahun depan, pemerintah berharap LRT Sumsel bisa segera dioperasikan untuk mendukung pelaksanaan Even Internasional Asian Games 2018 yang akan dilaksanakan di Palembang.

Selain itu, LRT Sumsel juga akan menjadi alternatif utama transportasi dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II atau sebaliknya.

"Karena dengan menggunakan LRT ini, waktu tempuh terjamin, terhindar dari kemacetan jalan raya dan biaya yang relatif terjangkau, mengingat tiket LRT tersebut mendapat subsidi dari pemerintah melalui mekanisme keperintisan.(chi/jpnn)


Proyek LRT Sumsel yang pembangunannya dibagi menjadi lima zona ini juga sudah mulai terpasang rel kereta api.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News