Orang Ini Sering ke Rumah Pimpinan Khilafatul Muslimin, Kalimatnya Blak-blakan

Orang Ini Sering ke Rumah Pimpinan Khilafatul Muslimin, Kalimatnya Blak-blakan
Pimpinan Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Hasan Baraja saat tiba di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (7/6). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat terorisme Al Chaidar menilai penangkapan yang dilakukan polisi terhadap pemimpin kelompok Khilafatul Muslimin bukan langkah yang tepat.

Pimpinan Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Hasan Baraja ditangkap pihak Polda Metro Jaya pada Selasa (7/6).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan menjelaskan Abdul Qodir Hasan Baraja ditangkap dalam kasus penyebaran berita bohong dan aktivitas Khilafatul Muslimin yang bertentangan dengan ideologi Pancasila.

Al Chaidar menilai keberadaan Khilafatul Muslimin tidak mengancam eksistensi NKRI.

"Menurut saya penangkapan itu kurang tepat karena kegiatan kelompok itu tidak ada yang bersifat mengancam negara," ujar Al Chaidar saat dihubungi JPNN.com, Jumat (10/6).

Menurut alumnus FISIP Universitas Indonesia itu, kelompok Khilafatul Muslimin tidak berniat untuk menggantikan ideologi Pancasila dan tidak menyebarkan berita bohong atau hoaks yang menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

"Saya kira, sebaiknya Abdul Qadir ini segera dilepaskan untuk mencegah munculnya reaksi-reaksi negatif yang tidak diharapkan," ujarnya.

"Menurut saya, ini kezaliman atau abuse of power yang dilakukan oleh pemerintah," kata Al Chaidar.

Pimpinan Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Hasan Baraja ditangkap polisi, orang ini mengaku kenal dekat dengan pria yang pernah terlibat aksi terorisme itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News