Orang Suci

Oleh Dahlan Iskan

Orang Suci
Dahlan Iskan.

jpnn.com - Hari ini playboy itu resmi sudah jadi orang suci. Setelah kemarin disucikan. Dengan air dari lima sungai dan empat danau.

Itulah puncak upacara penobatan Vajiralongkorn menjadi Raja Rama X. Pada tanggal yang sama dengan saat ayahnya dinobatkan sebagai Rama IX. Hampir 70 tahun lalu. 

Rangkaian ritual kali ini berlangsung selama tiga hari. Yang secara mengejutkan diawali dengan perkawinan sang raja. Yang sudah menduda tiga kali. Yang tahun ini berumur 66 tahun. 

Kali ini istrinya berangkat jenderal. Berumur 40 tahun. Yang sejak lama menjadi ajudannya.

Permandian itu dilangsungkan pada jam yang keramat: 10.09 kemarin. Angka sepuluh menandakan gelarnya sebagai Rama ke X. Angka sembilan menandakan kesempurnaan.

Raja baru Maha Vajiralongkorn itu kini dianggap manusia sempurna: umurnya lebih dari matang, sudah punya istri (lagi) dan sudah disucikan. Berakhirlah citra lama: pemabok, penjudi, playboy, kawin cerai, dan apa saja yang sebangsa itu. 

Waktu umur 50 tahun dulu Vajiralongkorn sebenarnya sudah terlihat sumeleh. Perkawinan ketiganya saat itu diharapkan yang terakhir. Dengan mahasiswi berumur 22 tahun. Dengan ucapan terkenalnya waktu itu: saya kan sudah berumur 50 tahun, sudah waktunya settle.

Apalagi kini sudah 66 tahun. Dengan istri yang ideal pula untuk menjadi Sri Ratu: angkatan darat berumur 40 tahun dengan pangkat jenderal. Betapa kian hormatnya penguasa militer sekarang ini kepada rajanya.

Sampai Senin besok Thailand dipenuhi suasana damai, gembira dan bahagia. Entahlah minggu depan. Setelah tanggal 9 Mei nanti KPU mengumumkan siapa pemenang pemilu bulan lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News