Orang Tua Sering tak Sadar Anaknya Obesitas

Orang Tua Sering tak Sadar Anaknya Obesitas
Orang Tua Sering tak Sadar Anaknya Obesitas

jpnn.com - Kegemukan atau obesitas memang bukan penyakit, namun kondisi tubuh yang kelebihan berat badan tentu akan membawa dampak buruk, apalagi kepada anak-anak. Mulai dari susah bergerak, kurang cekatan dan pasti cenderung menjadi malas bergerak.

Namun ternyata sebagian orang tua gagal untuk melihat bahwa anak mereka termasuk dalam golongan obese atau kelebihan berat badan.

Kecenderungan orang tua untuk menolak mengakui anaknya gemuk ini ditemukan oleh Alyssa Lundahl dari University of Nebraska, Lincoln, Amerika Serikat. Ia mengatakan bahwa orang tua yang tidak mengakui anaknya gemuk cenderung mengabaikan perilaku hidup sehat.

"Karena mereka mengabaikan perilaku hidup sehat itulah maka masa depan kesehatan anak mereka menjadi terancam," kata Lundahl, seperti dilansir laman USA Today, Kamis (27/3).

Menurut Landahl, ada kesalahpahaman yang terjadi pada banyak orang tua di Amerika Serikat. Kebanyakan dari mereka menganggap bahwa anak yang kurus dan langsing tidak sehat.

"Mereka percaya bahwa anak yang sehat adalah anak yang besar, kuat dan berotot. Oleh karena itu banyak anak dengan berat badan normal dilabeli kurus oleh orangtuanya," kata Landahl lebih lanjut.

Pakar fisiologis dari Louisiana State University Health Sciences Center di New Orleans, Melinda Sothern, memberikan beberapa saran untuk orang tua agar anak mereka tidak menjadi obese.

1. Ketika anak haus, beri mereka air putih. Jangan sekali-sekali memberikan minuman ringan yang mengandung soda. Karena minuman ringan tersebut cenderung memiliki kadar gula yang tinggi.

Kegemukan atau obesitas memang bukan penyakit, namun kondisi tubuh yang kelebihan berat badan tentu akan membawa dampak buruk, apalagi kepada anak-anak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News