Otak Pelaku Pembakaran Mobil Caleg PKB Terungkap, Oalah, Motifnya

Otak Pelaku Pembakaran Mobil Caleg PKB Terungkap, Oalah, Motifnya
Polres Cianjur, Jawa Barat, menunjukkan tiga orang pelaku pembakaran mobil calon anggota legislatif DPR RI di depan posko pemenangannya di Kecamatan Pacet. (ANTARA/Ahmad Fikri)

jpnn.com, CIANJUR - Polisi telah menangkap tiga orang pelaku pembakaran mobil milik calon anggota legislatif (caleg) DPR dari PKB di depan posko pemenangannya di Kecamatan Pacet, Cianjur, Jawa Barat pada Sabtu (17/2).

Para pelaku berinisial S, A, dan AS ditangkap di sejumlah lokasi terpisah pada Minggu (25/2).

Otak pelaku pembakaran mobil milik caleg ini ialah S.

"Ketiga pelaku memiliki tugas berbeda. Namun, setelah dilakukan pemeriksaan secara acak, otak pelaku pembakaran adalah S alias Soemantri yang masih aktif sebagai kepala desa (kades)," kata Kapolres Cianjur AKBP Aszhari Kurniawan saat merilis kasus tersebut, Rabu.

Dari hasil pemeriksaan terungkap pelaku S nekat melakukan aksi pembakaran dengan melibatkan dua orang pelaku lainnya karena sakit hati dan dendam terhadap caleg DPR yang tidak lagi melibatkan dirinya sebagai tim sukses pada Pemilu 2024.

"Otak pelaku pernah dilibatkan sebagai tim sukses pada Pemilu 2019 dan saat itu caleg dari PKB terpilih kembali. Namun, ada sejumlah hitungan yang belum tuntas, ditambah pada Pemilu 2024 yang bersangkutan tidak lagi dilibatkan," katanya.

Tersangka S yang merasa sakit hati, kemudian membawa dua orang pelaku lainnya untuk melakukan pembakaran mobil yang terparkir di halaman posko pemenangan dengan harapan berkas C Hasil yang dikumpulkan tim sukses ikut terbakar.

Selain menangkap ketiga pelaku, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti, yakni satu unit mobil Toyota Alphard warna putih bernomor polisi B 1491 BVC, jerigen berisi sisa bahan bakar minyak, korek api gas, dan sejumlah telepon genggam milik tersangka.

Polisi telah menangkap tiga orang pelaku pembakaran mobil milik caleg DPR dari PKB pada Sabtu lalu (17/2).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News