Otoritas Kuwait Tahan 60 Personil Militan Terkait Bom Bunuh Diri di Masjid

Otoritas Kuwait Tahan 60 Personil Militan Terkait Bom Bunuh Diri di Masjid
Otoritas Kuwait Tahan 60 Personil Militan Terkait Bom Bunuh Diri di Masjid

jpnn.com - KUWAIT CITY - Otoritas Kuwait menutup paksa sebuah badan sosial dan menahan sekitar 60 orang terkait dengan serangan bom bunuh diri di dalam masjid Syiah, pekan lalu. Badan sosial ini dituding mengumpulkan uang untuk pengungsi Syria secara ilegal.

Seperti dilaporkan media lokal bahwa upaya tersebut merupakan tindakan terhadap kelompok militan yang ada kaitannya dengan pengemboman masjid tersebut solat Jumat, pekan lalu. Kondisi tersebut memaksa Kuwait meningkatkan langkah keamanan pascakejadian yang menewaskan pelaku dan 26 korban lainnya itu.

Pejabat Kuwait mengatakan, serangan itu bertujuan memicu munculnya pertikaian antara  pengikut Sunni, penduduk mayoritas negara itu dengan penganut Syiah.

Koran al-Qabas mengutip sumber keamanan mengatakan, 60 orang, termasuk warga tempatan dan rakyat negara Teluk lain ditahan untuk diinterogasi oleh petugas keamanan. Sebagiannya dikatakan mempunyai hubungan dengan kelompok radikal Sunni. Namun Koran itu tidak merincinya lebih lanjut.

Dilaporkan juga, lima orang yang diduga terlibat dalam serangan oleh warga Saudi Fahd Suliman Abdul-Muhsen al-Qabaa Jumat lalu itu, diserahkan kepada penuntut umum. Kelimanya mengaku menerima sumbangan keuangan dari luar untuk melakukan serangan terhadap masjid disana.

Al-Qabas tidak menyebut nama mereka tetapi Kementerian Dalam Negeri Kuwait berkata, mereka menahan pengemudi kendaraan yang membawa Fahd ke masjid tersebut, pemilik mobil dan tuan rumah tempat pengemudi itu bersembunyi setelah serangan.

Hubungan antara 70 persen penduduk Sunni dan 30 persen Syiah Kuwait selama ini terjalin baik. 

Sementara itu, koran Al-Rai melaporkan, Kementerian Buruh dan Urusan Sosial menyerukan agar sebuah badan sosial, Fahd al-Ahmed ditutup atas tuduhan melanggar ketentuan dalam menutip sumbangan, seperti dirilis di laman AFP. (ray/jpnn)


KUWAIT CITY - Otoritas Kuwait menutup paksa sebuah badan sosial dan menahan sekitar 60 orang terkait dengan serangan bom bunuh diri di dalam masjid


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News