OTT KPK di Kebumen Terkait Proyek Rp 4,8 Miliar di Dinas Pendidikan

OTT KPK di Kebumen Terkait Proyek Rp 4,8 Miliar di Dinas Pendidikan
Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan. Foto; dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merilis hasil operasi tangkap tangan (OTT) terhadap pejabat Pemerintah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Ada enam orang yang terjaring OTT suap yang digelar Sabtu (15/10) itu.

Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengatakan, suap itu terkait dengan APBD Kebumen. “Khususnya di dinas pendidikan yang akan diberikan uang Rp 4,8 miliar,” ujarnya dalam jumpa pers di KPK, Minggu (16/10).

OTT itu digelar di sejumlah lokasi, pukul 11.00 kemarin (15/10). Tiga orang tangkapan KPK berasal dari DPRD Kebumen. Yakni Ketua Komisi A DPRD Kebumen Yudi Trihartanto , serta dua legislator lainnya bernama Dian Lestari dan Suhartono.

Sedangkan tiga orang lainnya adalah Sekda Kabupaten Kebumen Andi Pandowo, PNS di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kebumen bernama Sigit Widodo dan seorang swasta bernama Salim dari PT Osma milik pengusaha Jakarta bernama Hartoyo.

Menurut Basaria, proyek di Dinas Pendidikan Kebumen itu ternyata menjadi incaran PT Osma. Selanjutnya, PT Osma menggandeng Sigit untuk bisa mengerjakan proyek senilai Rp 4,8 miliar di Dinas Pendidikan Kebumen itu.

PT Osma pun menyiapkan komisi 20 persen untuk pihak-pihak di Kebumen. “Sekitar 20 persen dari nilai Rp 4,8 miliar. Yang diterima nantinya Rp 750 juta,” sebutnya.(boy/mg4/ara/jpnn)


JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merilis hasil operasi tangkap tangan (OTT) terhadap pejabat Pemerintah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News