Over Kapasitas, Napi Tidur di Ayunan

Over Kapasitas, Napi Tidur di Ayunan
Over Kapasitas, Napi Tidur di Ayunan
JAKARTA-Kondisi beberapa Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang ada di Kalimantan Selatan (Kalsel) memprihatinkan. Selain banyak yang sudah melebihi kapasitas, kondisi sanitasi air bersih juga buruk. Karenanya, Komisi III DPR RI meminta instansi terkait untuk segera melakukan pembenahan.

“Tata kelola Lembaga Pemasyarakatan di Kalsel sepertinya masih carut marut, seperti minimnya sarana sanitasi dan beberapa Lapas yang over kapasitas. Maka dari itu kami meminta instansi terkait untuk bergerak melakukan pembenahan,” kata Anggota Komisi III DPR RI Habib Aboe Bakar Alhabsy kepada JPNN, Senin (12/9).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini sebelumnya melakukan kunjungan ke beberapa Lapas yang ada di Kalsel. Setidaknya ada dua Lapas yang menurut pria yang akrab disapa Aby ini harus segera dibenahi. Dua Lapas tersebut yakni Lapas Kotabaru dan Lapas Teluk Dalam Banjarmasin.

Dua Lapas tersebut memiliki permasalahan yang cukup berbeda. Di Lapas Kotabaru, warga binaan terancam tidak dapat melakukan aktivitas mandi cuci kakus (MCK) lantaran sanitasi air bersih yang buruk. Sedangkan di Lapas Teluk Dalam Banjarmasin, ada beberapa warga binaan yang harus tidur diayunan akibat tempat tidur yang sudah tidak mencukupi lagi.

JAKARTA-Kondisi beberapa Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) yang ada di Kalimantan Selatan (Kalsel) memprihatinkan. Selain banyak yang sudah melebihi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News