Hujan Buatan Libatkan Dua Cassa

Hujan Buatan Libatkan Dua Cassa
Hujan Buatan Libatkan Dua Cassa
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Senin (12/9), menggelar hujan buatan untuk memadamkan kebakaran lahan dan hutan di Provinsi Sumatera Selatan.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB,  Sutopo Purwo Nugroho, dua pesawat terbang CASA 212-200 dikerahkan untuk operasi yang berlangsung pada pukul 13.55-15.30 WIB. "Satu sorti penerbangan telah dilakukan dengan membawa bahan semai NaCl hampir 1 ton," kata Sutopo melalu pesan elektronik yang diterima JPNN, Senin sore.

Dikatakan, kondisi pertumbuhan awan saat ini di lokasi cukup baik yakni, berada di selatan, baratdaya, barat, dan barat laut Palembang. Terdapat pula inversi di atmosfer sehingga pertumbuhan awan vertikal kurang kuat. Sementara kondisi awan sedang, dengan puncak awan mencapai 9.000 – 11.000 kaki dan terdapat pula dua sel awan dengan puncak awan mencapai 14.000 kaki.

"Artinya awan-awan tersebut berpotensi untuk disemai menjadi hujan. Bahkan saat penyemaian, terjadi presipitasi di kaca cockpit pesawat. Rencana besok (13/9), penyemaian akan dilanjutkan dengan menambah sorti penerbangan," ujar Sutopo.

JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Senin (12/9), menggelar hujan buatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News