Pabrik Aqua Solok Terus Hasilkan Air Kemasan Berkualitas Tinggi, Sudah Satu Dekade

Pabrik Aqua Solok Terus Hasilkan Air Kemasan Berkualitas Tinggi, Sudah Satu Dekade
Pabrik AQUA Solok Terus Menghasilkan Air Minum Dalam Kemasan Berkualitas Tinggi Sambil Terus Melestarikan Lingkungan Foto: ANTARA/HO-Aqua Solok

jpnn.com, SOLOK - Pabrik Aqua Solok telah menjalankan kegiatan operasional sejak 2013 di Jorong Kayu Aro, Nagari Batang Barus, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

Selama satu dekade ini, Aqua terus menghasilkan air minum dalam kemasan berkualitas tinggi guna memenuhi kebutuhan hidrasi sehat konsumen di Sumatera Barat dan sekitarnya.

“Produk Aqua hasil Pabrik Aqua Solok adalah produk air minum dalam kemasan yang sehat dan berkualitas. Kualitas Aqua itu dimulai dari pemilihan sumber air terbaik yang terletak di kaki Gunung Talang yang tak jauh dari Pabrik Aqua Solok,” ungkap Kepala Pabrik Aqua Solok Endro Wibowo.

Untuk mendapatkan sumber air yang sesuai dengan kriteria Danone-Aqua tidaklah mudah. Danone-Aqua melakukan penelitian yang terintegrasi oleh tim ahli yang bekerja minimal satu tahun, untuk mempelajari karakteristik sumber air baik dari sisi geologi, hidrologi, hidrogeologi, hidrogeokimia dan mikrobiobiologi, serta analisa keseimbangan neraca air untuk menjamin produksi dan kelestarian lingkungan yang berkelanjutan.

Endro menambahkan air yang dimanfaatkan Aqua berasal dari lapisan tanah dalam yang terlindungi lapisan kedap (confinedaquifer) sehingga tidak berhubungan dengan air permukaan yang biasanya digunakan masyarakat untuk irigasi atau untuk pemenuhan kebutuhan seharihari, seperti mandi, mencuci, dan sebagainya. 

Dalam perjalanannya air dari tanah dalam itu mengalir melewati berbagai batuan yang memperkaya air tersebut dengan mineral-mineral alami. Itu sebabnya Aqua selalu mengandung mineral seimbang yang dibutuhkan tubuh manusia.

Sementara itu Senior Eksternal RelationsDanone-AquaWilayah Sumatera Wirnos menjelaskan, Air yang dimanfaatkan Aqua selalu diuji dan dipantau, baik dari kualitas maupun volumenya, sehingga kualitas air dan keseimbangan alam tetap terjaga.

"Air adalah sumber daya yang terbarukan. Oleh karena itu kami perlu menjaga keseimbangan di dalam siklus air, yaitu antara proses pengambilan dan pengisian air kembali,” jelasnya.

Aqua telah memproduksi air minum dalam kemasan berkualitas tinggi di Solok, Sumatera Barat selama satu dekade atau sejak 2013.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News