Pabrik Spring Bed di Koto Tangah Terbakar

Pabrik Spring Bed di Koto Tangah Terbakar
Pabrik Spring Bed di Koto Tangah Terbakar

jpnn.com - PADANG - Pabrik pembuat tempat tidur (spring bed) milik PT Sinar Andalas Cemerlang di Kampung Batipuh Panjang, Kelurahan Lubuk Buaya, Kecamatan Koto Tangah, Minggu siang (27/4) terbakar. Diduga, kebakaran ini terjadi akibat kesalahan pengoperasian alat pembuat rangka tempat tidur.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut, namun kebakaran ini sempat mengakibatkan kepanikan di sekitar lokasi. Banyaknya masyarakat yang berbondong-bondong menyaksikan kebakaran tersebut juga menghalangi warga dan anggota Basarnas serta Damkar untuk memadamkan api.

Informasi yang dihimpun POSMETRO (grup JPNN), kebakaran tersebut berhasil menghanguskan 75 persen bagian pabrik. Menurut pengelola pabrik, Jufin (47), asal api diduga dari korsleting di salah satu alat yang beroperasi untuk membentuk Spring Bed tersebut.

Ia  mendapatkan laporan dari salah satu penjaga pabrik, Erizal (30) kalau ada api yang muncul setelah ledakan kecil di alat tersebut. Tidak berselang lama, api langsung membesar dan menjalari semua spring bed yang tengah dikerjakan di dalam ruang operasi tersebut.

“Saya sedang ada di luar, lalu seorang penjaga pabrik menelpon saya, katanya ada ledakan di salah satu mesin pembuat spring bed. Tidak lama, langsung terlihat api yang sudah membesar,” tukasnya.

Karena bangunan tersebut berdekatan dengan kantor Basarnas Padang, pihak SAR langsung mengambil langkah pemadaman yang dibantu oleh beberapa warga sekitar menggunakan racun api dan air seadanya. “Beberapa personel Basarnas tampak memadamkan api bersama warga,” ujarnya.

Tidak lama berselang, personel Pemadam Kebakaran datang ke lokasi dan langsung menjinakkan api. Pemadam Kebakaran menurunkan sebanyak delapan unit armada pemadam dan kerugian ditaksir mencapai 4 Milliar Rupiah. Petugas sempat kewalahan karena api dengna cepat menyebar di pabrik yang memiliki luas sekitar 8.000 meter persegi tersebut.

“Kita sedikit kewalahan karena minimnya hydrant dan racun api didalam pabrik tersebut, tapi selama setengah jam api bisa diatasi,” ucap Kepala BPBD PK Kota Padang, Budhi Erwanto saat ditemui di lokasi.

PADANG - Pabrik pembuat tempat tidur (spring bed) milik PT Sinar Andalas Cemerlang di Kampung Batipuh Panjang, Kelurahan Lubuk Buaya, Kecamatan Koto

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News