Pabrik Susu Bertambah, Dorong Persaingan Harga

Pabrik Susu Bertambah, Dorong Persaingan Harga
Pabrik Susu Bertambah, Dorong Persaingan Harga
SURABAYA - Bertambahnya jumlah industri pengolahan susu diharapkan bisa mengerek harga susu segar di tingkat peternak. Saat ini harga susu segar di tingkat peternak hanya sebesar Rp 3.400-3.500 per liter. Harga tersebut dinilai belum layak.

Selama ini di Jatim, ada lima industri pengolahan susu di antaranya PT Nestle, PT Greenfields Indonesia, PT Indolakto serta Pusat Koperasi Industri Susu Sekar Tanjung. Ke depan akan ada tambahan pabrik baru milik Indolakto.

"Diperkirakan, pabrik baru milik Indolakto akan buka September nanti.  Dengan kebutuhan susu secara bertahap sekitar 200 ton per hari," kata Ketua Bidang Usaha GKSI Jatim Sulistyanto, Rabu (29/8).

Menurutnya, penambahan pabrik baru tersebut akan memberi dampak positif bagi peternak lokal. "Kami berharap bisa mendorong persaingan antar industri pengolahan susu secara sehat. Serta, memacu peternak untuk lebih bergairah dan produktif dalam menghasilkan susu segar. Karena selama ini banyak peternak yang menjalankan usaha susu segar tanpa memperhitungkan rugi laba," ungkapnya.

SURABAYA - Bertambahnya jumlah industri pengolahan susu diharapkan bisa mengerek harga susu segar di tingkat peternak. Saat ini harga susu segar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News