Pacu Ekonomi, YAHM Ajak Warga Kembangkan Kampung Labirin

Pacu Ekonomi, YAHM Ajak Warga Kembangkan Kampung Labirin
Kampung Labirin Bogor. Foto: AHM

jpnn.com, BOGOR - Meningkatkan ekonomi sambil memberdayakan poptensi lingkungan sekitar, Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) mengembangkan wisata Kampung Labirin Astra Honda di Kampung Kebon Jukut, Bogor, Jawa Barat.

Dalam pengembangan wisata tersebut, YAHM menggandeng warga Kampung Kebon Jukut RW 10, Babakan Pasar, Bogor Tengah, Bogor.

Bermodal lokasi yang strategis dan banyaknya sumber daya yang siap terlibat, berbagai unsur keunikan Kampung Jukut dieksplorasi.

Dari area tepian Sungai Ciliwung di wilayah itu, pengunjung bisa menikmati serunya labirin yang tercipta dari gang-gang kecil yang menghubungkan antar rumah.

Pengalaman unik pengunjung diawali dengan menukar uang dengan voucher wisata yang dapat digunakan saat berinteraksi di Kampung Labirin Astra Honda.

Selain untuk menambah daya tarik wisata, voucher wisata ini juga membantu warga dalam memetakan produk ataupun jasa apa yang paling diminati pengunjung.

Di Kampung Labirin Astra Honda, pengunjung bisa memilih berbagai kuliner khas karya warga yang beragam, dari emping jengkol, soto kuning, laksa bogor, toge goreng, dan mie glosor.

Untuk semakin mengenal budaya lokal, pengunjung juga bisa memanfaatkan jasa generasi muda setempat yang menjadi pemandu wisata dengan keahlian yang sudah terlatih.

Pengalaman wisata Kampung Labirin Astra Honda semakin berwarna dengan sentuhan budaya. Para pemuda pemudi dilatih untuk menguasai berbagai tarian tradisional dan alat musik marawis sebagai elemen hiburan bagi pengunjung.

Tak hanya itu, mereka juga membangun kesadaran lingkungan dengan membuat orkestra mini dengan menggunakan barang-barang bekas. Pengunjung-pun bisa berswafoto dengan berbagai instalasi bambu yang dipilih untuk menguatkan karakter kelokalan budaya Sunda.

Meningkatkan ekonomi sambil memberdayakan poptensi lingkungan sekitar, Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) mengembangkan wisata Kampung Labirin di Bogor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News