Padang Resmikan Museum Gempa

Padang Resmikan Museum Gempa
Padang Resmikan Museum Gempa
PADANG--Isak tangis keluarga korban gempa 30 September 2009, masih mewarnai peringatan tiga tahun bencana gempa yang digelar Pemko Padang, Minggu  (30/9). Tangis pecah, saat atraksi kesenian tentang gempa dimainkan. Kenangan akan kehilangan orang-orang yang mereka sayangi, kembali terbayang dalam ingatan mereka. Gubernur Sumbar  Irwan Prayitno dan Wali Kota Padang Fauzi Bahar mengimbau agar korban gempa tak larut dalam kesedihan dan bangkit untuk masa depan lebih baik.

    

Pantauan Padang Ekspres kemarin di Taman Melati Padang, ratusan warga datang ke tugu gempa 30 September. Ada sebagian warga datang untuk memperingati detik-detik gempa tersebut, dan ada pula datang untuk mengenang keluarga mereka yang meninggal. Peringatan gempa ini ditandai aksi treatikal. Fauzi Bahar mengatakan peringatan gempa dilakukan pemko, bukan hanya kegiatan seremonial.

"Kegiatan ini dilakukan untuk mengenang korban gempa yang telah meninggal serta untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat akan bencana gempa yang mungkin saja terjadi setiap waktu," ungkap Fauzi.

Sebagaimana diketahui gempa 7,9 skala Richter (SR) 30 September 2009, di lepas pantai Sumbar pukul 17:16:10 WIB telah menimbulkan kerusakan parah di Kota Padang, termasuk delapan kabupaten dan kota lainnya di Sumbar.  Hingga ditutupnya masa tanggap darurat 31 Oktober 2009, tercatat total korban tewas sebanyak 1.195 orang. Di Kota Padang saja sebanyak 383 orang.

PADANG--Isak tangis keluarga korban gempa 30 September 2009, masih mewarnai peringatan tiga tahun bencana gempa yang digelar Pemko Padang, Minggu 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News