Pahami Karakter Demokratis dalam Olahraga

Pahami Karakter Demokratis dalam Olahraga
Pahami Karakter Demokratis dalam Olahraga
JAKARTA -- Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Alfitra Salamm mengatakan, para pemuda haruslah memiliki karakter demokratis guna mewarnai kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara ke depan. Setidaknya, karakter itu dapat dibentuk melalui pemahaman akan nilai-nilai filosofis dalam olahraga yang mengajarkan sportifitas, kejujuran, fair play, serta siap menang dan siap kalah.

“Tantangan kita sekarang bagaimana nilai-nilai filosofis yang ada dalam olahraga, seperti fair play, kejujuran, sportif, siap menang dan siap kalah, seperti di SEA Games kali ini bisa ikut mewarnai kehidupan berbangsa dan bernegara yang dimotori oleh para pemuda ini,” kata Alfitra Salamm di sela-sela acara Temu Tokoh Indonesian Youth Camp 2011 di Jakarta, Minggu (13/11).

Menurut pria asal Riau itu, semakin banyak pemuda yang memahami nilai-nilai filosofis keolahragaan maka kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan diharapkan akan semakin demokratis. Sama halnya ketika berbicara politik dan kekuasaan, nilai-nilai olahraga mengajarkan untuk tidak saling mematikan lawan, namun siap menang dan siap kalah.

“Kalau upaya ini berhasil dilakukan, misalnya dengan kegiatan Indonesian Youth Camp ini, maka implikasinya pada pembentukan karakter para pemuda kita, agar pemuda kita memiliki karakter ideal untuk menghadapi masa depan bangsa yang lebih baik nantinya,” katanya.

JAKARTA -- Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Alfitra Salamm mengatakan, para pemuda haruslah memiliki

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News