Pak Amien Mau Blusukan ke Istana agar Jokowi Setop Reklamasi

Pak Amien Mau Blusukan ke Istana agar Jokowi Setop Reklamasi
Amien Rais. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Amien Rais ingin menemui Presiden Joko Widodo. Tujuannya adalah meminta presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu menghentikan reklamasi Teluk Jakarta.

“Jadi nanti minta waktu ketemu Pak Jokowi. Pak Jokowi di tengah kesibukannya belusukan, kami akan blusukan ke istana,” kata Amien dalam diskusi bertema Setop Reklamasi Teluk Jakarta di gedung DPR, Jakarta, Kamis (2/11).

Amien juga meminta Indonesian Resources Studies (IRESS) membentuk tim yang melibatkan tokoh-tokoh Institut Teknologi Bandung (ITB) maupun para nelayan yang terdampak reklamasi Teluk Jakarta. Nantinya, Amien akan mengajak tim itu menemui Jokowi.

Menurut Amien, jauh lebih baik baginya untuk bertemu langsung dengan Presiden Jokowi ketimbang membahas persoalan reklamasi dengan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. Sebab, Presiden Jokowi merupakan penguasa tertinggi di pemerintahan.

“Pak Jokowi pusat kekuasaan. LBP (Luhut Panjaitan, red) cuma kepanjangan tangan dan penyambung lidah Jokowi. Jadi, tim ini nanti harus ketemu Jokowi,” kata Amien.  
           
Menurut Amien, masukan-masukan tentang persoalan reklamasi yang akan disampaikan kepada Presiden Jokowi bakal diketik secara rapi supaya tidak menimbulkan kesalahan persepsi. “Pokoknya hentikan reklamasi,” tegas ketua Majelis Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Amien menegaskan, reklamasi tidak cukup hanya dihentikan. Menurutnya, orang-orang yang melakukan penyalahgunaan kekuasaan di balik reklamasi harus diseret ke pengadilan.

“Ini abuse of power. Siapa itu, nanti akan ketemu,” katanya.
           
Mantan ketua umum PP Muhammadiyah itu pun berharap agar Presiden Jokowi mau menemuinya. Sebab, Amien mengaku sudah lama tak bertemu Jokowi. Amien mengaku terakhir kali bertemu Jokowi saat menghadiri Aksi Bela Islam di Monumen Nasional (Monas).(boy/jpnn) 


Amien Rais tak mau membahas persoalan reklamasi hanya dengan Menko Maritim Luhut Panjaitan. Menurut Amien, jauh lebih baik membicarakan reklamasi dengan Jokowi.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News