JPNN.com

Pak Buwas Bakal Pakai Pramuka untuk Kikis Kartel Pangan

Kamis, 27 Desember 2018 – 12:44 WIB Pak Buwas Bakal Pakai Pramuka untuk Kikis Kartel Pangan - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Budi Waseso mengaku punya rencana untuk menggunakan posisinya guna mengikis kekuatan kartel pangan. Terlebih, saat ini mantan kepala Bareskrim Polri itu juga menduduki jabatan direktur utama Perum Badan Urusan Logistik (Bulog).

Buwas -panggilan kondangnya- menyampaikan hal itu usai dilantik sebagai ketua Kwarnas Pramuka 2018-2023 di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (27/12). Menurutnya, jabatannya sebagai dirut Bulog dan ketua Kwarnas Pramuka saling berkaitan.

"Sekarang begini, dengan ada kepengurusan wakil ketua-wakil ketua yang ada di kwarnas, tentunya ini bisa meng-handle seluruh kegiatan. Nah saya sendiri sebagai dirut Bulog ada hubungannya dengan Pramuka," kata Buwas.

Pensiunan polisi dengan pangkat terakhir komisaris jenderal itu akan memberdayakan pramuka untuk mendirikan Rumah Pangan Kita (RPK) yang menjadi program Bulog. Nantinya, pramuka akan mendirikan RPK dari tingkat RT/RW.

Buwas menambahkan, dengan keberadaan RPK di RT/RW, desa, kecamatan, kabupaten dan provinsi, maka Bulog bisa membangun jejaring distribusi pangan yang selama ini dikuasi kartel. Karena itu, Buwas akan memangkas mata rantai kartel.

“Untuk memotong mata rantai ini maka salah satunya kekuatan di grassroot di pramuka ini. Saya yakin bisa berhasil," tambahnya.(fat/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...