Pak Ci Memuji Kebijakan Ekonomi Jokowi, Tapi ...

Pak Ci Memuji Kebijakan Ekonomi Jokowi, Tapi ...
Pengusaha kondang Indonesia, Ir Ciputra di Universitas Tarumanegara, Jakarta, Kamis (1/9). Foto: Mesya Mohammad/JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Pengusaha properti papan atas, Ir Ciputra ikut memuji kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menjaring investasi. Pujian Pak Ci -sapaan akrabnya- pada kebijakan pemerintahan saat ini adalah tentang kemudahan berusaha dan pengampunan pajak atau tax amnesty.

Menurut dia, pemerintahan Jokowi memang serius dalam membenahi perekonomian nasional. "Semua program yang dilakukan presiden kita bagus,” katanya usai menghadiri pelantikan Rektor Universitas Tarumanegara, ‎Prof Dr Agustinus Purna Irawan di Jakarta, Kamis (1/9).

Namun, Pak Ci yang dipercaya sebagai pembina keho‎rmatan Yayasan Tarumanagara itu juga memberi catatan pada kebijakan pemerintah saat ini. Akibatnya, pertumbuhan ekonomi pun tersendat.

“Masih ada kurangnya, yaitu Indonesia kekurangan entrepreneur. Jangan heran, apa pun yang dilakukan belum mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi dengan maksimal," paparnya.

Lebih lanjut perintis Ciputra Group itu menambahkan, tersendatnya pertumbuhan ekonomi nasional tak bisa dilepaskan dari persoalan sumber daya manusia. Indonesia, katanya, memang kekurangan SDM berjiwa wirausaha.

"SDM kita kebanyakan‎ fokus mencari pekerjaan ketimbang membuka lapangan kerja. Alhasil ekonomi bisnis kita ditangani orang asing," ujarnya.

Dia mencontohkan bisnis kuliner seperti donat waralaba dari asing. Meski pengelola dan pekerjanya orang Indonesia, namun keuntungannya masuk ke pengusaha asing.

"Kita bekerja capek-capek, tapi fee-nya dikasihkan ke entrepreneur luar negeri. Begitu juga IT, kita bayar mahal-mahal sistemnya, kemudian fee-nya disetor ke asing," kritiknya.

JAKARTA - Pengusaha properti papan atas, Ir Ciputra ikut memuji kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menjaring investasi. Pujian Pak Ci

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News