Pak Gubernur Ini Bilang, Biar Miskin Tapi Sombong

Pak Gubernur Ini Bilang, Biar Miskin Tapi Sombong
Cornelis. Foto: Pontianak Post

jpnn.com - PONTIANAK - Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mendorong negara maju untuk melakukan aksi guna mengatasi perubahan iklim yang menyebabkan pemanasan global.

Cornelis mengatakan, negara maju jangan menuduh negara berkembang di Asia sebagai biang gas rumah kaca.

“Kita mengajak negara-negara industri maju jangan menuduh negara berkembang yang menciptakan gas rumah kaca,” kata pria yang juga menjabat Gubernur Climate Forest and Task Force (GCF) itu, Selasa (6/9).

Cornelis meminta negara maju juga mengurangi gas rumah kaca. Seperti masalah penggunaan AC dan pabrik-pabrik beroperasional selama 24 jam mengeluarkan asap.

“Asap itu tidak bisa terserap oleh atmosfer, mengakibatkan ozon berlubang. Sehingga atmosfer kita menipis akibat panas dari matahari yang langsung ke bumi bisa meningkat sampai dua bahkan lima derajat. Ini bisa menyebabkan manusia di muka bumi mati,” tegas Cornelis.

Menurut Cornelis, mengatasi efek rumah kaca bisa dengan menanam pohon sebanyak-banyaknya.

“(Negara maju) kasih uang suruh kita diam dan jaga hutan. Sementara mereka merusak terus. Itu yang saya tidak mau. Kami ini biar miskin tapi sombong,” tegas Cornelis.

Menurut Cornelis, Pemprov Kalbar membantu mengurangi efek rumah kaca dengan mencabut izin tambang dan perkebunan yang tidak sesuai aturan. Masyarakat juga diimbau agar tidak bakar hutan dengan sembrono. (rk/jos/jpnn)


PONTIANAK - Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mendorong negara maju untuk melakukan aksi guna mengatasi perubahan iklim yang menyebabkan pemanasan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News