Pak Jokowi Bakal Hibahkan Lima Keris ke Museum di Solo

Pak Jokowi Bakal Hibahkan Lima Keris ke Museum di Solo
Presiden Joko Widodo saat di Museum Keris Nusantara

jpnn.com, SURAKARTA - Presiden Joko Widodo menyampaikan niat menyumbangkan keris koleksi pribadinya untuk Museum Keris Nusantara di Solo, agar bisa dirawat dan dipamerkan kepada publik. Itu disampaikannya ketika meresmikan museum tersebut, Rabu (9/8).

“Salah satunya yang kemarin disampaikan oleh PM Belanda, akan saya bawa nanti pas ke Solo, termasuk keris-keris yang saya punya saya simpan di sini saja, dihibahkan, dirawat oleh museum. Saya nggak sanggup merawat sendiri,” Jokowi-sapaan presiden.

Menurut Jokowi, keris merupakan warisan budaya bangsa yang memiliki nilai-nilai dan filosofi yang tinggi. Bahkan keris Indonesia sudah dikukuhkan sebagai warisan budaya dunia non-bendawi manusia oleh UNESCO di tahun 2005.

“Artinya, walaupun kita berupaya mengejar kemajuan tapi kita tidak boleh tercerabut dari tradisi, tidak boleh meninggalkan nilai-nilai adiluhung bangsa. Sudah seharusnya kita terus menjaga, melestarikan warisan budaya bangsa, termasuk keris,” ucap dia.

Kepada jurnalis di sela-sela acara itu, Jokowi mengaku akan menyumbangkan lima keris ke museum keris tersebut.

"Nanti saya antar langsung ke Pak Wali (wali kota Surakarta). Mungkin saya mau kirim, satu, dua, tiga, lima lah," ujar mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Dia berharap, museum yang dibangun sejak empat tahun lalu itu bisa menjadi sarana untuk melihat perjalanan sejarah keris, tombak dan pedang yang merupakan bagian dari warisan seni budaya bangsa.

Presiden menyampaikan, pengunjung nantinya bukan hanya akan bisa menyaksikan keindahan hasil karya para empu keris di masa lalu, tetapi juga bisa meresapi filosofi dari setiap keris yang dihasilkannya.

Presiden Joko Widodo menyampaikan niat menyumbangkan keris koleksi pribadinya untuk Museum Keris Nusantara di Solo, agar bisa dirawat dan dipamerkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News