Pak Jokowi Diminta Tidak Tergoda Mengurusi Hal Ini

Pak Jokowi Diminta Tidak Tergoda Mengurusi Hal Ini
Presiden Jokowi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Andi Mallarangeng berharap Presiden Jokowi tidak perlu memusingkan wacana Pilpres oleh MPR. Andi justru mengharapkan Jokowi fokus menyelesaikan persoalan ekonomi Indonesia.

Andi mengungkapkan itu saat menjadi pembicara di rilis survei Roda Tiga Konsultan yang diselenggarakan di Jalan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (17/12).

"Kalau saya menyarankan Pak Jokowi fokus menyelesaikan masalah ekonomi," kata Andi.

Andi menuturkan, publik tidak menyetujui Pilpres melalui MPR. Andi pun merujuk dari hasil survei Roda Tiga Konsultan yang menyatakan 52,8 persen responden tidak menginginkan Pilpres oleh MPR dan 12,3 persen lainnya menyatakan sangat tidak setuju.

"(Jokowi) jangan tergoda untuk mengurusi amendemen konstitusi yang pada dasarnya itu tidak disetujui oleh rakyat," lanjut Andi.

Peneliti Network for Democracy and Electoral Integrity (Netgrit) Ferry Kurnia menyadari terdapat problem dari proses pemilihan secara langsung. Namun, solusi dari persoalan itu tidak otomatis membawa pemilihan melalui parlemen.

"Ya tinggal dibenahi yang teknis. Misalnya dalam konteks pencalonan seperti apa," ucap Ferry di tempat yang sama.

Ferry menuturkan, persoalan pemilihan langsung bisa terletak di partai politik. Seperti proses rekrutmen kandidat yang memakan biaya besar.

Andi Mallarangeng berharap Presiden Jokowi tidak perlu memusingkan wacana Pilpres oleh MPR.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News