JPNN.com

Pak Jokowi Piawai, Elite Politik Setop Bertikai

Senin, 21 Agustus 2017 – 18:51 WIB Pak Jokowi Piawai, Elite Politik Setop Bertikai - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Kebangkitan Indonesia Baru (KIB) Reinhard Parapat menilai Presiden Joko Widodo piawai dalam menjembatani tokoh-tokoh politik yang bertikai. Bahkan, presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu bisa mempertemukan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono yang sudah sejak lama berselisih.

Menurut Reinhard, keberhasilan itu menunjukkan Jokowi selalu mengutamakan kepentingan yang lebih luas ketimbang interes politik pribadi ataupun golongannya. Reinhard meyakini Jokowi tentu melalui proses panjang sehingga SBY dan Megawati bisa bertemu dan bersalaman lagi.

"Inilah gaya politik presiden, senantiasa melakukan komunikasi politik. Tentunya itu dilakukan jauh hari dan hasilnya Mega-SBY berhasil dipertemukan," ujar Reinhard kepada JPNN, Senin (21/8).

Pria yang juga ketua Presidium Koalisi Relawan Jokowi (KRJ) itu menambahkan, keberhasilan Jokowi mempertemukan SBY dengan Megawati juga sangat positif bagi politik nasional. Bahkan, katanya, pertemuan Presiden RI Kelima dengan penerusnya itu juga bagus sebagai pendidikan politik di tanah air. 

"Jadi bukan hanya bagi Mega dan SBY, saya kira pertemuan itu juga bermanfaat  buat pencerahan bagi rakyat. Kepiawaian merespons perbedaan di antara elite politik merupakan salah satu nilai lebih sosok Jokowi," ucapnya.

Reinhard meyakini langkah Jokowi tersebut tentu akan direspons positif oleh seluruh rakyat Indonesia pada Pemilihan Presiden 2019 mendatang. Apalagi, mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut selama ini juga terbukti mengimplementasikan janji-janji politiknya lewat percepatan pembangunan di seluruh Indonesia.(gir/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...