Pak Jokowi Sosok Tulus, Pertemuan di Istana Bukan demi Capres Tertentu

Oleh Dhimam Abror Djuraid

Pak Jokowi Sosok Tulus, Pertemuan di Istana Bukan demi Capres Tertentu
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (mengangkat tangan kiri) meninjau Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senin (8/5). PDIP akan menggelar acara puncak Bulan Bung Karno di SUGBK pada 24 Juni 2023. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan tidak ada pembicaraan soal memenangkan bakal capres tertentu saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan enam ketua umum parpol di Istana Negara pada Selasa lalu (2/5).

“Tidak ada berbicara tentang orang per orang yang terkait dengan pemenangan Pemilu 2024,” ujar Hasto di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin (8/5).

Peryataan politikus kepercayaan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu sebagai respons atas berbagai tudingan yang dialamatkan kepada Presiden Jokowi.

Presiden Ketujuh RI itu dianggap cawe-cawe soal capres yang akan menggantikannya pada 2024.

Menurut Hasto, pertemuan Presiden Jokowi dengan enam ketua umum parpol tidak membahas soal tokoh capres maupun cawapres.

“Kami tidak berbicara tentang politik praktis,” ucap Hasto.

Namun, Hasto menegaskan langkah Presiden Jokowi mengumpulkan enam ketua umum parpol pendukung pemerintahan saat ini merupakan upaya tulus membangun kesepahaman untuk menjaga kesinambungan pemerintahan.

“Dengan adanya kesepahaman itu dapat dibangun suatu dialog-dialog antarpimpinan partai politik, sehingga di situ tidak dikerucutkan (soal nama bakal capres-cawapres),” kata Hasto.

Hasto menegaskan langkah Presiden Jokowi mengumpulkan enam ketua umum parpol pendukungnya merupakan upaya membangun kesepahaman demi kesinambungan pemerintahan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News