Pak Jokowi Tentu Tak Mau Kalah Lagi di Sumbar

Pak Jokowi Tentu Tak Mau Kalah Lagi di Sumbar
Prabowo Subianto dan Joko Widodo dalam debat pemilu presiden pada 2014 silam. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago menilai safari Presiden Joko Widodo di berbagai kabupaten di Sumatera Barat punya  target elektoral. Menurut Pangi, presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu tentu tak mau mengulangi kekalahannya di Sumbar saat Pemilu Presiden (Pilpres) 2014.

“Sumbar menjadi zona market Presiden Jokowi. Saya kira alasan beliau (Jokowi, red) lebih banyak berkunjung ke Sumbar karena tentu tidak mau kalah lagi suaranya di Pilpres 2019, sehingga Sumbar jadi prioritas," ujar Pangi kepada JPNN, Jumat (9/2).

Seperti diketahui, Presiden Jokowi sejak Rabu lalu (7/2) berada di Sumbar. Mantan gubernur DKI itu juga menginap di Dharmasraya dan Tanah Datar untuk berbagai agenda kunjungan kerja.

Pangi mengatakan, kunjungan Jokowi di Sumbar tentu sah-sah saja. Namun, pengamat yang akrab disapa dengan panggilan Ipang itu mengaku tak yakin kunjungan Jokowi di Sumbar akan signifikan secara elektoral.

"Yang menarik dan perlu dicermati adalah apakah Jokowi berhasil melakukan zona market dengan mengambil  kantong suara Prabowo, sehingga menggerus lumbung elektoral Prabowo di Sumbar," pungkasnya. 

Pada Pilpres 2014, raihan suara pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di Sumbar mencapai 76,9 persen. Sementara Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla hanya meraih 23,1 persen.(fat/jpnn)


Pengamat politik menilai safari Presiden Joko Widodo di berbagai kabupaten di Sumatera Barat punya memuat target elektoral untuk Pemilu Presiden 2019.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News