Pak SBY Punya Naluri Intelijen, Pasti Tahu Ada Gerakan

Pak SBY Punya Naluri Intelijen, Pasti Tahu Ada Gerakan
Pengamat Intelijen, Nurcahya Tandang. Foto: Friederich Batari/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Intelijen, Nurcahya Tandang menanggapi pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono tentang dugaan adanya ketidaknetralan aparat terutama Polri dalam Pilkada Serentak 2018.

Menurut Nurcahya, bagi orang-orang yang mempunyai naluri intelijen tentu bisa merasakan ada gerakan yang memperlihatkan aksi-aksi atau bukti-bukti di lapangan.

“Pak SBY punya naluri intelijen, beliau jenderal, mantan presiden dua kali periode, dan punya sense of intelligence sehingga pasti akan tahu bahwa ada gerakan-gerakan apakah itu oknum, golongan atau kelompok tertentu,” kata Nurcahya Tandang di sela-sela Diskusi Publik bertajuk “Saatnya Paramasuka Bicara” di Jakarta, Senin (25/6) kemarin.

Menurut Nurcahya, Pak SBY tentu merasakan dan melihat bahwa ada fakta yang tidak bisa ditutup-tutupi. “Silakan konfirmasi lagi ke Pak SBY,” katanya.

Nurcahya mengatakan jika ada gerakan bisa saja itu oknum, golongan atau kelompok tertentu namun tidak bisa mengatakan itu tersentralistik. “Mungkin juga bisa tersentralistik,” katanya.

Lebih lanjut, Nurcahya menganggap SBY berbicara seperti itu berarti ada suatu sinyal bahwa pihak-pihak tidak sekubu dengan orang punya kewenangan sejak sekarang harus berhati-hati. Namun, hal itu bisa dilawan dengan kontra intelijen.

Nurcahya menegaskan tidak bisa membiarkan begitu saja jika ada oknum aparat yang terlibat dalam gerakan di Pilkada yang dapat merugikan kelompok lain.

Ia berpesan agar tidak ada arogansi kekuasaan dan jangan ada otoritarian. Juga jangan ada operasi intelijen yang ilegal untuk menjegal kelompok-kelompok tertentu, paslon-paslon tertentu.

Menurut Nurcahya, Pak SBY punya naluri intelijen, beliau jenderal, mantan presiden dua kali periode, sehingga pasti akan tahu bahwa ada gerakan-gerakan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News