Pakar Maritim Sebut Kawasan Sidakarya Paling Ideal Dibangun Tersus LNG

Pakar Maritim Sebut Kawasan Sidakarya Paling Ideal Dibangun Tersus LNG
Pakar Maritim Dr. Ketut Sudiarta mengungkapkan keunggulan Pantai Sidakarya dan Intaran. Foto: Dokumentasi Dr. Ketut Sudiarta

jpnn.com - JAKARTA - Pakar maritim Dr. Ketut Sudiarta mengatakan Pantai Sidakarya dan Intaran merupakan kawasan paling ideal untuk membangun Terminal Khusus Liquefied Natural Gas (Tersus LNG).

Menurut dia, sulit menemukan kawasan ideal di daerah lain untuk membangun Tersus LNG seperti di Sidakarya.

Ketut mengatakan bahwa di lokasi itu bisa meminimalkan kerusakan lingkungan, sekaligus menata kawasan pantai agar lebih bernilai ekonomi dan mempertahankan kelestarian budaya. 

“Saya pertaruhkan reputasi keilmuan saya. Di situlah lokasi yang paling cocok dari sisi ekologi, tidak merusak terumbu karang, karena di area dredging tidak ada terumbu karang,” kata Sudiarta dalam keterangannya kepada media dikutip Jumat (28/4).

Dia menjelaskan rencana pembangunan Tersus LNG Sidakarya tidak berdiri sendiri, tetapi juga terintegrasi dengan penataan kawasan pesisir Intaran, Serangan dan Sidakarya. Manfaatnya sangat besar karena material pasir hasil pengerukan bisa digunakan untuk  menata kawasan tersebut. 

Dia menambahkan hal itu juga termasuk membantu menata kawasan banjir Kota Denpasar, di daerah Renon, muaranya belum dinormalisasi, terjadi pendangkalan karena pasir dan sampah. “Meski ada embung di Sanur, tetap butuh normalisasi,” jelasnya.

Ahli manajemen sumber daya perairan ini menyampaikan bahwa pembangunan Tersus LNG Sidakarya tidak boleh berdiri sendiri tanpa menata kawasan sekitarnya. Termasuk merevitalisasi pelabuhan Serangan.

Menurutnya, Bali sebagai destinasa wisata bahari terbesar di Asia Tenggara, butuh infrastruktur yang memadai.

Pakar Maritim Dr. Ketut Sudiarta mengungkapkan keunggulan Pantai Sidakarya, salah satunya cocok dibangun terminal khusus LNG

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News