Pakar Sebut Aksesori Footpeg di Yamaha Gear 125 Berbahaya, Ini Alasannya

Pakar Sebut Aksesori Footpeg di Yamaha Gear 125 Berbahaya, Ini Alasannya
Tambahan aksesori footpeg di Yamaha Gear 125. Foto: Yamaha Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Pakar keselamatan berkendara Sony Susmana, menyoroti aksesori tambahan pada skuter matik (skutik) Yamaha Gear 125 yang baru saja diluncurkan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Menurutnya, aksesori tambahan bernama footpeg itu dinilai sangat berbahaya bagi penggunanya ketika mengendarai skutik berlogo Garpu Tala itu.

Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI) ini juga mengatakan, aksesori dan penempatan yang ditawarkan pada skutik tersebut dinilai kurang tepat dan bisa membahayakan pengendaranya.

Seharusnya, kata dia, aksesori tersebut harus ditempatkan di dalam dan terlindung oleh cover.

"Menurut kacamata saya, safety footpeg tersebut cukup membahayakan, terutama anggota tubuh bagian kaki. Apa pun namanya, aksesori itu harus diletakan di dalam dan terlindung cover depan," ungkap Sony, melalui pesan singkat saat dihubingi JPNN.com, Kamis (17/12).

Sony menyebut, aksesori tambahan itu sangat rawan ketika berada di jalan. Sebab, aksesori kemungkinan bisa tersangkut oleh benda dan pengendara lain saat di jalan.

"Footpeg dan kaki tersebut rawan terganjal benda-benda statis yang ada di sekitar motor atau bahkan tersambar kendaraan lain saat berpapasan," katanya.

Selain itu, kehadiran aksesori itu harus membuat pengedara harus lebih waspada saat melalukan manuver di jalan berkelok.

Aksesori tambahan pada skuter matik (skutik) Yamaha Gear 125 yang baru saja diluncurkan dianggap membahayakan pengendara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News