Pakar Sentil Luhut yang Laporkan Haris Azhar dan Fatia ke Polisi

Pakar Sentil Luhut yang Laporkan Haris Azhar dan Fatia ke Polisi
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan melaporkan Direktur Lokataru Haris Azhar dan Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti ke Polda Metro Jaya atas dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks, Rabu (22/9). ANTARA/Fianda Sjofjan Rassat

jpnn.com, JAKARTA - Pakar hukum pidana Abdul Fickar Hadjar mengkritik langkah Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan yang melaporkan Pendiri Lokataru Haris Azhar dan Koordinator KontraS Fatia Maulidiyanti ke polisi.

Luhut melaporkan Haris Azhar dan Fatia ke Polda Metro Jaya pada Rabu (22/9), atas dugaan pencemaran nama baik dan berita bohong.

Menanggapi pelaporan tersebut, Abdul menilai hal itu menandakan Luhut adalah pejabat yang tidak berjiwa kesatria.

"Seorang pejabat publik yang melaporkan rakyatnya yang kritis adalah lebay atau berlebihan serta tidak berjiwa kesatria," kata Abdul kepada JPNN.com, Kamis (23/9).

"Ungkapan kritis termasuk soal pribadi pada seorang pejabat publik adalah konsekuensi dari jabatan publiknya yang mendapat penghasilan dari rakyat melalui negara," sambung Abdul.

Menurut Abdul, sikap Luhut Panjaitan yang lebay dan menuntut rakyat membuktikan bahwa dia pejabat yang tidak menghayati jabatannya sebagai pelayan rakyat.

"Bagi pejabat publik yang sering tersinggung bahkan menuntut rakyat adalah pejabat yang menempatkan jabatan atau kekuasaan sebagai 'hak milik' yang harus dipertahankan dan dijaganya," ujar Abdul.(cr1/jpnn)

Pakar hukum pidana Abdul Fickar Hadjar sentil langkah Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan yang melaporkan Pendiri Lokataru Haris Azhar dan Koordinator Kontras Fatia Maulidiyanti ke polisi, simak selengkapnya.