Palembang Siap Tuan Rumah SEA Games

Palembang Siap Tuan Rumah SEA Games
Gubernur Sumatera Selatan Alex Nurdin saat tiba dan berbincang sejenak dengan Don Kardono Ketua Forum Pimred JPNN Grup di Aston Hotel Bandung jelang acara pertemuan Forum Pimred. Foto: Adrianto/Indopos
Sumatera Selatan akan menjadi tuan rumah SEA Games 2011, selain DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Ada 23 cabang olahraga yang bakal dihelat di Palembang. Sudah berapa persen persiapan infrastruktur dan venue sampai saat ini?

“WAH, saya tidak bisa bicara persentase sekarang ini. Setiap jam berubah, dan selalu ada progres. Terus bertambah, karena kami bekerja siang malam untuk menuntaskan seluruh venue dengan tepat waktu,” ucap Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, tadi malam di Hotel Aston Tropicana, Cihampelas, Bandung. Banyak yang meragukan, termasuk anggota DPR RI. “Kita lihat saja nanti. Saya undang seluruh grup Jawa Pos untuk meninjau di Palembang bulan Juli 2011.

Saya akan tunjukkan, bahwa kami tidak main-main. Kami sangat serius. Kalau ada deviasi plus minus lima persen dalam pembangunan struktur dan arsitektural, ya itu masih dalam angka yang wajar,” papar pria asli Palembang yang lahir 9 September 1950 ini. Komisi X DPR RI akan meninjau lokasi dan pembangunan fisik, Kamis, 24 Maret besok. “Ya, namanya pembangunan struktur, itu terkadang tidak kelihatan bentuknya. Kadang belum tampak berdiri. Tetapi, jika diamati lebih dekat, itu sudah ada tiang pancang yang tertanam 36 meter ke bawah tanah berawarawa. Sudah berton-ton timbunan tanah yang harus memindahkan bukit ke sana,” kata mantan Bupati Musi Banyuasin itu. “Sampai-sampai ada beberapa warga yang demo, protes karena jalannya dilewati truk-truk pengangkut tanah urugan.

:TERKAIT Tetapi, karena ini adalah program negara dan di masa depan akan memiliki dampak yang besar, maka ini harus tetap jalan. Toh, untuk kemajuan masyarakat Sumsel sendiri,” paparnya. Menurut Gubernur Alex, SEA Games 2011 adalah momentum yang tepat untuk mempromosikan Palembang dan Sumatera Selatan. Ini adalah satu-satunya kota di Indonesia yang akan memiliki perkampungan atlet lengkap dengan venue yang saling berdekatan. Ini mirip dengan Chiang Mai, Thailand, yang tahun 1995 membangun kompleks athlete village, yang jaraknya sekitar 1000 kilometer dari ibukota Bangkok. Kompleks olahraga dengan segala fasilitasnya itulah yang menghidupkan detak ekonomi di Chiang Mai. Ribuan atlet dengan suporternya dari negara-negara Asia Tenggara yang menjadi peserta SEA Games hadir di sana. Banyak juga pengusaha yang akhirnya mampu menghidupkan ekonomi dan pariwisata di sana.

Sumatera Selatan akan menjadi tuan rumah SEA Games 2011, selain DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Ada 23 cabang olahraga yang bakal dihelat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News