Palu Jadi Tuan Rumah Perayaan Hari Aksara Nasional

Palu Jadi Tuan Rumah Perayaan Hari Aksara Nasional
Palu Jadi Tuan Rumah Perayaan Hari Aksara Nasional

jpnn.com - JAKARTA--Kota Palu, Sulawesi Tengah, menjadi tuan rumah peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) 2016 di Indonesia. Puncak acara HAI di Palu akan dilaksanakan pada 20 Oktober mendatang. 

Beberapa agenda yang sudah disiapkan antara lain Festival Budaya Baca, dan kegiatan lokakarya atau “Bengkel Literasi” yang mengundang komunitas literasi dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM).‎
 
“Pada puncak acara HAI kami akan merayakannya bersama seluruh pegiat, para pimpinan daerah dan  masyarakat. Ini kampanye nasional pemberantasan buta aksara di seluruh Indonesia,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Dirjen PAUD Dikmas) Kemendikbud, Harris Iskandar, Selasa (13/9).
 
Ia mengatakan, angka tuna aksara di Indonesia telah menurun secara signifikan. Pada tahun 2005, persentase penduduk tuna aksara di Indonesia masih di angka 9,55 persen, atau sekitar 14,89 juta orang. Namun, angka tersebut menurun pada 2014 menjadi 3,7 persen atau sekitar 5,94 juta orang.
 
“Hari Aksara International  ini  untuk memberikan semangat kita lebih lanjut dalam pemberantasan buta aksara yang masih tersisa 3,7 persen di Indonesia. Mudah-mudahan dalam RPJMN (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional) dalam lima tahun ini kita bisa mengurangi secara signifikan buta aksara,” tandasnya. (esy/jpnn)


JAKARTA--Kota Palu, Sulawesi Tengah, menjadi tuan rumah peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) 2016 di Indonesia. Puncak acara HAI di Palu akan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News