PAN Kemungkinan tak Ikut Usung Jokowi di Pilpres 2019

 PAN Kemungkinan tak Ikut Usung Jokowi di Pilpres 2019
Yandri Susanto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) tidak ingin Pilpres 2019 hanya diikuti satu pasangan cawapres-cawapres, alias calon tunggal.

Karena itu, kemungkinan besar PAN tidak akan mengusung petahana Joko Widodo.

"Karena kami tidak mau calon tunggal. Kalau semua ke Pak Jokowi ya bisa jadi calon tunggal," kata Yandri di gedung DPR, Jakarta, Senin (5/3).

Saat ini sudah ada lima partai politik yang resmi mengusung Jokowi. Yakni PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Nasional Demokrat (NasDem), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Sedangkan lima lainnya yakni PAN, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Partai Demokrat belum memutuskan nama yang akan diusung.

Suara lima partai politik ini jika digabungkan kurang lebih 47,5 persen. Dengan ambang batas pencalonan presiden 20 persen, maka dari lima partai itu masih bisa muncul dua pasangan capres-cawapres.

Lebih lanjut Yandri menuturkan, PAN melalui Ketum Zulkifli Hasan sering berkomunikasi dengan Jokowi, Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Menurut dia, PAN tidak ada masalah dengan partai pengusung Jokowi, jika nanti memutuskan tidak mengusung petahana itu.

PAN kemungkinan besar tidak ikut mengusung Jokowi sebagai capres karena tidak ingin Pilpres 2019 hanya diikuti calon tunggal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News