PAN Mulai Terpesona Jenderal Gatot untuk Pilpres 2019

PAN Mulai Terpesona Jenderal Gatot untuk Pilpres 2019
Yandri Susanto. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) akan menggelar rapat kerja nasional (rakernas) di Bandung pada 21-23 Agustus mendatang. Meski agenda rakernas untuk membahas persiapan menghadapi Pilkada 2018, namun PAN juga akan membahas figur calon presiden untuk Pemilu 2019.

Ketua Panitia Pelaksana Rakernas PAN Yandri Susanto menyatakan, ada sejumlah nama bakal calon presiden yang sudah masuk radar partainya. Yakni Joko Widodo, Prabowo Subianto dan Gatot Nurmantyo.

"PAN memungkinkan untuk kembali mengusung Pak Jokowi. Tapi untuk mengusung yang lainnya juga memungkinkan seperti Pak Prabowo dan Pak Gatot Nurmantyo, atau nama lain," ujar Yandri di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (18/8).

Memang, PAN saat ini menjadi partai pendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo. Namun, pada Pemilu Presiden 2014, partai bentukan Amien Rais itu merupakan pengusung Prabowo.

Sedangkan kini, PAN mulai tertarik pada sosok Gatot yang juga Panglima TNI. Yandri menuturkan, Jenderal Gatot merupakan tentara dengan karier dari bawah yang kini punya kemampuan memimpin.

"Saya kira Pak Gatot layak masuk bursa capres PAN. Kami melihat sosok beliau, kriteria sosok pemimpin sudah ada di beliau," tegasnya.

Soal elektabilitas Gatot, kata Yandri, PAN belum menjajakinya melalui survei. Namun, dengan memunculkan Gatot pada Pilpres 2019, maka publik ada pilihan selain Jokowi dan Prabowo.

"Tetapi ini kan strategi supaya nanti respons publik ada nggak tentang penyebutan nama itu," jelasnya.

Partai Amanat Nasional (PAN) akan menggelar rapat kerja nasional (rakernas) di Bandung pada 21-23 Agustus mendatang. Meski agenda rakernas untuk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News