JPNN.com

PAN Tegaskan Tetap di Luar Pemerintahan

Jumat, 18 Oktober 2019 – 22:45 WIB PAN Tegaskan Tetap di Luar Pemerintahan - JPNN.com
Wakil Ketua Komisi III DPR Mulfachri Harahap di Istana Negara, Senin (23/9). Foto: M Fathra Nazrul/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) menyatakan sampai saat ini posisi mereka masih berada di luar pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Ya sampai hari ini, posisi PAN masih di luar pemerintahan," kata Wakil Ketua Umum PAN Mulfachri Harahap di Komplek Parlemen, Jakarta, Jumat (18/10).

Menurut Mulfachri, di internal PAN sudah ada mekanisme tersendiri untuk memutuskan hal yang strategis seperti bergabung atau tidak dengan pemerintah. Salah satunya adalah lewat rapat kerja nasional (rakernas). "Bisa lewat rakernas atau forum-forum yang setingkat rakernas," paparnya.

Nah, dia menjelaskan, selama forum itu belum digelar berarti sampai saat ini PAN tetap berada di luar pemerintahan. Artinya, posisi PAN belum mengalami perubahan.

"Oleh sebab itu, karena forum itu belum diadakan, kami tetap dalam posisi sebelumnya yakni ada di luar pemerintahan," ungkap dia.

Mulfachri mengisyaratkan PAN akan tetap berada di luar pemerintahan untuk periode lima tahun mendatang. Berdasar pandangan pribadinya, realitas yang terjadi di koalisi pemerintahan sekarang ini sudah penuh sesak.

"Kami tidak mau menambah beban presiden dengan membangun wacana untuk ikut di dalam dan seterusnya," ujarnya.

Dia meyakini bahwa sungguh tidak mudah bagi presiden untuk menentukan siapa yang akan ditetapkan untuk membantunya di periode kedua. "Oleh karena itu kami berada di luar dan menjadi mitra yang kompromis," kata Mulfachri.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...