Panama Papers! Bakal Lebih Heboh dari Snowden atau WikiLeaks

Panama Papers! Bakal Lebih Heboh dari Snowden atau WikiLeaks
Ilustrasi Panama City. Foto: AFP

jpnn.com - INI mungkin benar-benar akan mengguncang dunia. Data milik Mossack Fonseca, sebuah badan hukum di Panama telah bocor. Tak bisa dianggap sepele, karena menyangkut....ssttt...dokumen rahasia. Termasuk catatan keuangan, pajak, pencucian uang dan korupsi.

Bocoran dokumen ini baru dirilis 3 April kemarin dikenal dengan Panama Papers. Dokumen yang terdiri dari informasi sebesar 2,6 terabita, yang terbagi menjadi 11,5 juta dokumen ini (WOW!) berisi 'rahasia' dari para tokoh politik dunia, bintang olahraga dan para entertainer.

Kabarnya, data-data yang ada merupakan rangkuman sejak 1970 hingga awal 2016 ini. Cerita awalnya, seorang sumber anonim menghubungi kantor berita Jerman, Suddeutsche Zeitung, satu tahun sebelum dokumen ini dibocorkan. 

Kantor berita ini langsung membagikan berkasnya dengan International Consortium of Investigative Journalists. Dokumen yang diterima disebarkan dan dipelajari oleh 107 organisasi media di lebih dari 80 negara dan oleh 400 wartawan. Nah laporan pertamanya itu dirilis tanggal 3 April 2016.

Daftar lengkap perusahaan yang terlibat rencananya dirilis pada awal Mei 2016. Tak satupun data bocoran sudah dilepas ke publik.

Time melansir, dengan lebih dari 11,5 juta dokumen di dalamnya, Panama Papers disbeut lebih besar dari catatan intelijen yang dibocorkan Edward Snowden tiga tahun yang lalu, atau juga dibanding kabel diplomatik AS yang dipublikasikan WikiLeaks 2010 kemarin. (adk/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News