Pancasila tak Bertentangan dengan Ajaran Islam, Begini Penjelasannya!

Pancasila tak Bertentangan dengan Ajaran Islam, Begini Penjelasannya!
Tangkapan layar saat Sekretaris LD PBNU Moch. Bukhori Muslim menyampaikan sambutannya dalam seminar nasional bertajuk Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Kepada Da’i NU yang diselenggarakan secara daring, Kamis (12/8/2021) (ANTARA/Putu Indah Savitri/pri.)

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Dakwah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LD PBNU) mengatakan bahwa Pancasila sama sekali tidak bertentangan dengan nilai-nilai ajaran agama Islam.

Menurut Sekretaris LD PBNU Moch. Bukhori Muslim sila pertama hingga kelima dalam Pancasila mengandung nilai-nilai Islam.

"Itu menyambung seperti rantai, tidak terpisahkan,” ujar Bukhori dalam seminar nasional bertajuk Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Kepada Da’i Nahdlatul Ulama yang diselenggarakan secara daring, Kamis (12/8).

Bukhori menyatakan hal tersebut guna menepis perdebatan yang tengah berlangsung di publik terkait Pancasila yang dianggap tidak selaras dengan ajaran agama Islam.

Bahkan, terdapat dialog-dialog yang menuntut agar Pancasila digantikan.

Sebagai langkah untuk mempertegas pernyataannya, dia memberikan pemaparan tentang keterkaitan nilai-nilai ajaran Islam dalam sila-sila Pancasila.

Sila pertama, yakni Ketuhanan Yang Maha Esa, menggambarkan orang-orang Indonesia yang harus mengenal dan membangun relasi yang baik dengan Tuhan.

Relasi tersebut memungkinkan seseorang untuk memahami sifat-sifat Tuhan, seperti sifat penyayang maupun pengasih.

LD PBNU memaparkan bahwa Pancasila sama sekali tak bertentangan dengan ajaran Islam, begini penjelasannya.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News