Pandai Jaga Perbatasan, Moeldoko Panen Pujian

Pandai Jaga Perbatasan, Moeldoko Panen Pujian
jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat pemasaran nasional dan dunia Hermawan Kartajaya mengatakan, menjaga dan membangun daerah perbatasan memang sangat penting agar masyarakat semakin mencintai Indonesia.

“Daerah perbatasan menjadi garda terdepan untuk memperlihatkan kepada dunia tentang kondisi tanah air secara fisik maupun non fisik masyarakat,” kata Hermawan.

Hermawan menyatakan, menjaga harga diri bangsa di perbatasan adalah tugas Tentara Nasional Indonesia (TNI). Pakar Marketing eitu merefrensikan mantan panglima TNI Jenderal Moeldoko sebagai prajurit sapta marga yang memperbaiki harga diri bangsa Indonesia di daerah perbatasan dengan negara lain.

“Perbatasan itu tidak bisa dipandang sebelah mata dan sangat penting. Nah, positioning Jenderal Moeldoko ini sangat jelas, tesisnya beliau soal perbatasan itu dishare di museum rekor Indonesia (MURI),” tambah Hermawan.

Dia mengaku sangat terpesona dengan pemikiran Moeldoko yang meraih gelar doktor Program Pascasarjana Ilmu Administrasi FISIP Universitas Indonesia. Saat itu, Moeldoko membuat desertasi berjudul Kebijakan dan Scenario Planning Pengelolaan Kawasan Perbatasan di Indonesia (Studi Kasus Perbatasan Darat di Kalimantan) tentang pendekatan di daerah perbatasan.

“Kok ada Jenderal pemikir seperti ini, Moeldoko ini pemikir yang hebat terutama dalam melakukan pendekatan di perbatasan dan itu tidak mudah. Daerah perbatasan adalah pintu gerbang terdepan yang memperlihatkan citra bangsa Indonesia. Jika memang di perbatasan masyarakat tidak makmur, itu akan menjadi preseden buruk bagi negara tetangga maupun masyarakat Indonesia itu sendiri,” tambah Hermawan.

Menurutnya, dengan membangun jalan pararel yang panjang, Moeldoko telah melakukan brandingnya. Hebatnya, Moeldoko tidak hanya berpikir sebagai panglima TNI maupun Pangdam. Jauh sebelum menjadi Panglima TNI, Moeldoko sudah berpikir menjaga amanah di perbatasan.

“Jadi sejak dulu, Jenderal yang satu ini sudah melakukan sesuatu di perbatasan, sudah berjuang memasarkan idenya. Karena jika militer sudah bicara itu lain. Karena Moeldoko paham, perang yang terpenting saat ini adalah perang untuk mensejahterakan masyarakat,” kata Hermawan.

JAKARTA - Pengamat pemasaran nasional dan dunia Hermawan Kartajaya mengatakan, menjaga dan membangun daerah perbatasan memang sangat penting agar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News