Pangarmatim: Idul Adha Perkuat Solidaritas Sosial

Pangarmatim: Idul Adha Perkuat Solidaritas Sosial
FOTO: Dispen Koarmatim

jpnn.com - SURABAYA - Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto, mengatakan ibadah qurban merupakan ibadah yang dapat membentuk kesalehan seseorang sebagai perwujudan dari rasa keimanan kepada Allah SWT. Ibadah qurban juga bisa memperkuat rasa persaudaraan antar sesama muslim yang diaktuliasasikan dengan menyembelih hewan qurban.

“Di sisi lain, qurban merupakan ibadah sosial yaitu dengan menyembelih hewan qurban berupa sapi dan kambing, kemudian dibagikan kepada fakir miskin dan orang-orang yang berhak menerimanya. Hal ini tentunya akan meningkatkan solidaritas dan ikhrom sesama muslim,” ujar Pangarmatim Laksda TNI Darwanto saat sambutan pada saat sholat Idul Adha 1436 H/2015 M di Masjid Ass Salam di Daerah Basis TNI Angkatan Laut (DBAL) Ujung, Surabaya, Kamis (24/9).

Sholat Idul Adha di Komplek Flat DBAL Ujung, Surabaya, diikuti oleh Pangarmatim bersama Ketua Ketua Daerah Jalasenastri Armatim Ny. Ina Darwanto dan Pengurus Daerah Jalasenastri Armada Timur serta warga Koarmatim terdiri dari pejabat utama Markas Komando Koarmatim, perwira, bintara, tamtama dan PNS beserta keluarga yang bermukim di Flat DBAL dan sekitarnya.

Dalam tausiahnya, Khotib KH. Bustomi Husnan dari Masjid Sunan Ampel Surabaya, menyampaikan tiga pilar utama yang dicintai Allah SWT, yaitu sabar, sebagaimana yang sudah dicontohkan oleh Siti Hajar. Selai itu, keikhlasan sudah dicontohkan oleh Nabi Ismail AS, dan ketetapan iman sudah dicontohkan oleh Nabi Ibrahim AS.

“Itulah dasar-dasar berqurban yang bias kita laksanakan di hari Idul Adha yang dilakukan oleh jutaan umat muslim di seantero dunia saat ini,” kata KH Bustomi seperti dilansir dalam siaran pers Kepala Dinas Penerangan Koarmatim, Letkol laut (KH) Maman Sulaeman.

Usai sholat Idul Adha, Pangarmatim secara simbolis menyerahkan seekor sapi qurban yang diterima oleh Ketua Panitia disaksikan Ketua Daerah Jalasenastri Armatim Ny. Ina Darwanto, pejabat utama mako Koarmatim dan para jamaah Masjid Ass Salam, Surabaya.

Asisten Pangarmatim Bidang Personel (Aspers Pangarmatim) Kolonel Laut (P) Joko Heriyanto selaku Ketua Panitia Penyelenggara, melaporkan jumlah hewan qurban yang berhasil dihimpun panitia, yakni sapi sebanyak 25 ekor, dan kambing sebanyak 49 ekor.

Selanjutnya, hewan-hewan qurban didistribusikan kepada para pemohon terdiri dari panti asuhan, yayasan sosial, pondok pesantren, masjid dan mushola.

SURABAYA - Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto, mengatakan ibadah qurban merupakan ibadah yang dapat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News