Panggungploso ke Filipina, Kisah Sukses Pelaku UMKM dari Dusun Menembus Pasar Asia

Panggungploso ke Filipina, Kisah Sukses Pelaku UMKM dari Dusun Menembus Pasar Asia
UMKM Dinova Store di Dusun Panggungploso, Desa Sumberagung, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, TULUNGAGUNG - Perkembangan teknologi kini membuat siapa saja tak perlu harus datang ke kota besar untuk mendapatkan penghasilan. Meski hanya tetap di desa, siapapun bisa berkesempatan menciptakan ekosistem ekonomi mandiri yang menguntungkan.

Hal ini dibuktikan oleh UMKM Dinova Store asal Dusun Panggungploso di Desa Sumberagung, Kecamatan Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Produsen aksesori masker untuk perempuan ini sukses menembus pasar ekspor ke empat negara bersama salah satu e-commerce, yang memampukan dia memberdayakan perempuan desa di daerahnya.

Pemilik Dinova Store, Sri Wigatiningsih, mengatakan bahwa banyak perempuan desa yang merupakan warga asli daerah tempat tinggalnya memilih untuk tidak bekerja karena harus tetap berada di rumah untuk menjaga anak-anak dan mengurus rumah tangga.

Sementara, Sri melanjutkan, banyak dari mereka yang mengeluhkan kondisi ekonomi.

“Dari situ saya memiliki tekad untuk suatu saat dapat membuat usaha dengan mengajak mereka bekerja dan akhirnya bisa berpenghasilan tanpa perlu meninggalkan desa ini,” jelas Sri.

Dinova Store menyediakan berbagai aksesori perempuan seperti strap dan konektor masker, ikat rambut, tas piring, hingga pakaian.

Dalam mengembangkan usahanya, Sri terus mengikuti tren yang sedang berlaku. Resep itu terbukti sukses membawa Dinova Store dari usaha dengan hanya satu karyawan saja, hingga kini memiliki 9 karyawan dan 7 mitra penjahit.

Dari usaha rumahan dengan satu pegawai, Sri kini melayani ratusan pesanan dari luar negeri. Semua dilakukan dari dusunnya di pelosok Tulunggagung. Apa rahasiany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News