Panglima TNI: Pembangunan Posko Komando Taktis Mencegah Gerakan Teroris

Sabtu, 03 April 2021 – 05:59 WIB
Panglima TNI: Pembangunan Posko Komando Taktis Mencegah Gerakan Teroris - JPNN.com
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (tengah) didampingi Kabaintelkam Polri, Irjen Pol Paulus Waterpauw (kiri) dan Plt Gubernur Sulsel (dua kanan) seusai meninjau pelaksanaan Ibadah Jumat Agung, rangkaian paskah di Gereja Katedral, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (2/4/2021). ANTARA/Darwin Fatir.

jpnn.com, MAKASSAR - Panglima Tentara Nasional Indonesia Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyatakan pihaknya akan segera memfungsikan Posko Komando Taktik (Poskotis) untuk mencegah penyebaran ajaran radikalisme yang mengarah ke tindakan terorisme.

Mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) itu menegaskan bahwa Poskotis tersebut rencannya akan dibangun di setiap provinsi di Indonesia.

"Kami akan bikin Poskotis, Posko Komando Taktis, gabungan TNI dan Polri. Hampir setiap provinsi ada, empat sampai enam (Poskotis)," kata Panglima usai meninjau pelaksanaan ibadah Jumat Agung di Gereja Katedral Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (2/4).

Panglima menyatakan TNI tentu turut membantu Polri dalam pengamanan, terutama di Makassar dan Jakarta, pascateror yang dilancarkan tiga pelaku (dua di Makassar dan satu di Mabes Polri).

Pihaknya akan melakukan penguatan intelijen dalam pengumpulan informasi pergerakan terorisme.

"Untuk pasukan pengamanan dari TNI ada 1.001 personel. Kemudian Polri 1.900 personel, tidak hanya di Makassar, seperti kemarin di Jakarta juga ada lima ribu sekian,” kata Panglima TNI.

Dia menegaskan bahwa pengamanan tidak hanya di Makassar dan Jakarta saja, melainkan di wilayah-wilayah lain di Indoneia. “Kemudian, di wilayah lain juga seperti itu. Sesuai dengan titik-titik yang kami perkuat," ungkap Marsekal Hadi.

Saat ditanyakan, sampai kapan pengamanan tersebut dilakukan, Hadi menjelaskan bahwa khusus mengamankan rangkaian ibadah Paskah hingga pada puncaknya, Minggu. Namun, setelah itu tetap dilaksanakan upaya pencegahan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...