Panglima TNI: Pemda Bisa Libatkan Prajurit Bangun Daerah

Panglima TNI: Pemda Bisa Libatkan Prajurit Bangun Daerah
Panglima TNI: Pemda Bisa Libatkan Prajurit Bangun Daerah

jpnn.com - JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Dr Moeldoko mengatakan TNI mempunyai semangat kuat untuk memberi kontribusinya dalam pembangunan nasional.

Karena itu menurut Meoldoko, jangan ragu gunakan prajurit di daerah untuk membangun daerahnya masing-masing, karena prajurit bukan hanya milik TNI semata.

"Pemerintah daerah juga bisa leluasa melibatkan dan menugaskan prajurit TNI untuk ikut membangun daerah tertinggal di wilayah masing-masing," kata Moeldoko, saat membuka Rapat Paripurna (Rapur) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-35, di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur, Kamis (11/12).

Dikatakannya, pembinaan teritorial merupakan strategi membangun karakter bangsa dalam menghadapi arus globalisasi.

Dalam penanganan perbatasan, lanjutnya, Pembinaan Teritorial (Binter) dapat menjadi strategi dalam menangani berbagai masalah di daerah perbatasan. Strategi tersebut ujar dia, diarahkan pada aspek pembangunan ekonomi, menjaga dan memelihara kehidupan sosial budaya, pertahanan dan keamanan serta pada aspek politik.

“Pada konteks kesejahteraan, kebersamaan melalui TMMD, kementerian/lembaga, pemerintah daerah dan rakyat adalah upaya bersama dalam percepatan pembangunan di daerah, baik fisik maupun non-fisik termasuk semangat bela negara dan nasionalisme”, kata Panglima TNI.

Selain itu lanjutnya, TMMD juga telah melaksanakan percepatan pembangunan di daerah-daerah yang tergolong miskin, tertinggal, terisolasi, terpencil, daerah perbatasan dan kumuh perkotaan, rawan bencana alam, terkena bencana alam, serta daerah rawan konflik dan pasca konflik.

“Bukan bermaksud menghitung bhakti yang telah TNI lakukan untuk mendapatkan rewards, tetapi hal ini dimaksudkan sebagai evaluasi pada sisi kemanfaatan, bahwa bila dikalkulasi secara kuantitatif kegiatan TMMD sampai dengan tahun 2014 telah melakukan di 5.673 desa, dengan hasil yang cukup bisa membantu mencapai sasaran membangun kesejahteraan dan keamanan rakyat,” ungkap Jenderal TNI Moeldoko.

JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Dr Moeldoko mengatakan TNI mempunyai semangat kuat untuk memberi kontribusinya dalam pembangunan nasional. Karena

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News