Panjang Umur Hasjim Djalal...!

Panjang Umur Hasjim Djalal...!
Potret ini termuat dalam buku Patriot Negara Kepulauan. Foto: Wenri Wanhar/JPNN.com.

jpnn.com - UMURNYA 27 tahun ketika "membantai" Hukum Grotius, peraturan laut yang telah diakui dunia selama 336 tahun. Tapi, bukan itu tujuan utama. Hasjim Djalal berhasil memenangkan pengakuan PBB bahwa Indonesia…

Wenri Wanhar - Jawa Pos National Network

Hasjim Djalal sedang menimba ilmu di University of Virginia, ketika pemerintah Republik Indonesia (RI) mengeluarkan pernyataan unilateral mengenai Wawasan Nusantara, pada 13 Desember 1957. 

Kebijakan yang kemudian hari dikenal sebagai Deklarasi Djuanda itu menyatakan;

Segala perairan di sekitar, di antara, dan yang menghubungkan pulau-pulau yang termasuk dalam daratan RI, dengan tidak memandang luas dan lebarnya, adalah bagian yang wajar dari wilayah daratan negara RI dan dengan demikian, merupakan bagian dari perairan pedalaman atau perairan nasional yang berada di bawah kedaulatan mutlak negara RI. 

Penentuan batas laut 12 mil yang diukur dari garis-garis yang menghubungkan titik-titik yang terluar pada pulau-pulau negara RI akan ditentukan  dengan Undang-Undang.

UNCLOS Boys

Deklarasi tersebut menarik perhatian Hasjim. Pasalnya, setahun sebelum itu, 23 April-4 Juli 1956, peraturan tentang laut dibahas untuk pertamakalinya di sidang ke-8 forum International Law Commision (ILC) PBB.

UMURNYA 27 tahun ketika "membantai" Hukum Grotius, peraturan laut yang telah diakui dunia selama 336 tahun. Tapi, bukan itu tujuan utama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News