Pansel Pimpinan KPK Akan Jemput Bola

Cari Kandidat yang Benar-benar Mumpuni

Pansel Pimpinan KPK Akan Jemput Bola
Pansel Pimpinan KPK Akan Jemput Bola
JAKARTA --- Panitia Seleksi (Pansel) Calon Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai mencari cara untuk mendapatkan sosok ideal pengganti Antasari Azhar. Pansel yang diketuai Patrialis Akbar ini akan melaksanakan jemput bola. Artinya, mereka akan mencari orang-orang yang mumpuni menjabat ketua KPK, baik dari lembaga penegakan hukum, universitas, dan LSM.

Patrialis mengimbau kepada instansi-instansi untuk mengirimkan wakil terbaiknya menjadi calon ketua KPK. "Kami minta yang terbaik," kata Patrialis Akbar di gedung Kemenkum HAM Jakarta kemarin (3/6). 

Namun pria yang juga menjabat Menteri Hukum dan HAM ini mengatakan tidak ada perlakuan khusus kepada orang-orang yang menempuh jalur ini. Semua kandidat diperlakukan sama dengan pendaftar-pendaftar lain sesuai aturan yang ada. Menurut dia, dengan cara tersebut nantinya diharapkan akan didapat orang-orang yang dirasa mumpuni untuk memimpin lembaga superbodi itu.

Patrialis juga mengatakan, pansel tidak akan memaksakan diri jika tidak menemukan calon yang dirasa cocok sebagai ketua KPK. Katanya, jika pansel tidak menemukan dua nama yang dirasa pas untuk menjabat ketua KPK, maka pihaknya akan melaporkannya ke presiden. "Kami tidak akan memutuskan sendiri," ucapnya. Selain itu, pansel tidak tertutup kemungkinan untuk membuka lagi pendaftaran berikutnya. Bahkan dalam pendaftaran itu tidak menutup kemungkinan untuk mencari pengganti empat pimpinan KPK sekaligus untuk masa jabatan berikutnya. Tapi lagi-lagi dirinya mengatakan akan berkoordinasi dulu dengan presiden.

JAKARTA --- Panitia Seleksi (Pansel) Calon Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai mencari cara untuk mendapatkan sosok ideal pengganti Antasari

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News