Panwas Beber Enam Potensi Kecurangan Pilkada DKI

Panwas Beber Enam Potensi Kecurangan Pilkada DKI
Panwas Beber Enam Potensi Kecurangan Pilkada DKI
JAKARTA - Panwaslu DKI Jakarta membeberkan modus kecurangan yang bisa muncul dalam pilkada DKI 2012. Setidaknya ada enam modus kecurangan yang harus diwaspadai oleh masyarakat.

Modus pertama yang paling populer di masyarakat yakni serangan fajar. Anggota Panwaslu DKI, M.Jufri mengatakan modus serangan fajar ini paling rentan terjadi mengingat banyaknya dana kampanye yang dimiliki para pasangan calon. Biasanya, politik uang ini dilakukan tepat pada hari pemungutan suara sebelum warga mendatangi tempat pemungutan suara (TPS).

"Antisipasinya kita bisa tempatkan relawan di tempat-tempat yang rawan serangan fajar. Misal di wilayah yang ditemukan NIK ganda, perbatasan, wilayah-wilayah yang menjadi basis pasangan calon," kata Jufri saat ditemui di kantor KPU DKI, Senin (9/7).

 

Modus kedua, politik uang di malam sebelum hari pencoblosan. Modus kecurangan ini pernah terjadi di beberapa daerah. Pada malam sebelum hari pemungutan suara, oknum tim sukses mendatangi rumah warga dengan dalih ingin mengobrol. Padahal, oknum tersebut bermaksud memberikan uang agarr warga memilih pasangan calon tertentu.

 

JAKARTA - Panwaslu DKI Jakarta membeberkan modus kecurangan yang bisa muncul dalam pilkada DKI 2012. Setidaknya ada enam modus kecurangan yang harus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News