Panwas Solo Tak Kebagian Dana

Panwas Solo Tak Kebagian Dana
Panwas Solo Tak Kebagian Dana

SOLO - Upaya panitia pengawas (panwas) pilkada Kota Solo untuk meminta bagian anggaran tahap pertama sejumlah Rp 200 juta kandas sudah. Dana yang cair pada 27 Desember 2009 itu sudah digunakan KPU. Kini, dana yang dialokasikan melalui APBD Perubahan tahun 2009 tersebut hanya tersisa sedikit. Menurut penjelasan KPU, anggaran telah didistribusikan untuk membiayai pembentukan penyelenggara pilkada di tingkat kecamatan dan kelurahan.

"Sisa anggaran itu hanya sekian persen, jadi tidak bisa kita bagikan lagi ke lembaga lain. Termasuk kepada panita pengawas pilkada. Untuk anggaran tahap pertama ini sudah terserap untuk membiayai tahapan awal, " ucap anggota KPU Kota Solo Wisnu Cahyono kepada Radar Solo, Minggu (17/1).

Diterangkannya, tahapan awal pilkada yang paling banyak menguras dana adalah membiayai pendataan pemilih serta rekrutmen petugas pemilihan suara (PPS). Juga petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) serta panitia pemungutan kecamatan (PPK). Kemudian sisanya untuk pembiayaan sosialisasi pilkada.

"Kalau dikalkulasi dana yang terpakai sekitar 99 persen dari nilai Rp 200 juta. Jadi tidak mungkin lagi dibagikan ke Panwas Pilwakot," imbuh Wisnu yang membidangi Keuangan dan Logistik itu.

SOLO - Upaya panitia pengawas (panwas) pilkada Kota Solo untuk meminta bagian anggaran tahap pertama sejumlah Rp 200 juta kandas sudah. Dana yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News